BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Program Ramadhan Heppiii yang mengambil tema ‘Bersama Melakukan Kebaikan’ tuntas dilaksanakan di Banyuwangi. Berbagai kegiatan seperti renovasi musala, masjid, serta fasilitas umum sukses dilaksanakan di bagian paling timur Pulau Jawa ini, termasuk juga dengan renovasi lapangan voli dan pengadaan tenda untuk hajatan warga.

Acara Ramadhan Heppiii ini dilaksanakan oleh 10 karang taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community Banyuwangi sejak pertengahan puasa hingga akhir Ramadhan. Kegiatan Ramadhan Heppiii tahun ini kembali dimanfaatkan untuk memperbaiki fasilitas umum yang berada di sana.

“Fasilitas tersebut meliputi gapura dan juga penerangan jalan umum (PJU), tenda atau terop untuk hajatan, kemudian ada juga renovasi pos kamling dan juga perbaikan lapangan voli,” kata Koordinator program Heppiii Ramadhan Deny Sugiarto, Sabtu (14/5).

Rinciannya kata dia untuk Karta Komunitas Peduli Kandangan (KPK) dari Desa Kandangan Banyuwangi memilih memperbaiki lapangan voli, ini karena warga desa tersebut sering berlatih voli namun tidak ada fasilitas di desanya. Selama ini warga setempat harus main ke desa tetangga untuk berlatih voli, namun dengan adanya Ramadhan Heppiii warga desa tersebut dapat memiliki lapangan voli sendiri.

“Ada juga perbaikan pos kamling yang dilakukan di beberapa tempat oleh Remaja Masjid di Desa Kendal Rejo, Karta Tunas Muda dari Desa Purwodadi dan juga Karta Macan Putih dari Desa Macan Putih. Pemilihan Pos Kamling karena merupakan sarana utama untuk desa, dan juga dikarenakan pandemi fasilitas tersebut kurang terawat, oleh karena itu teman-teman berinisiatif menggunakan kegiatan ini untuk merenovasi pos kamling,” ungkapnya.

Di desa yang lain ada juga karta yang memilih untuk pengadaan tenda, seperti di Desa Karangdoro. Selama ini tenda untuk kebutuhan warga saat hajatan dan juga untuk acara-acara yang melibatkan massa desa cukup banyak.

“Sisanya desa lainnya ada yang memperbaiki gapura, PJU, perbaikan mushola juga. Kegiatan ini dilakukan Ikatan Pemuda Kramat dari Desa Genteng Kulon, Formik Baitul Ikhlas dari Desa Bulusari, Karta Segobang dari Desa Segobang, Pemuda Telemung dari Desa Telemung serta Karta Mekarsari dari Desa Sumbersari,” ungkapnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Karta Heppiii Community di Banyuwangi karena telah melaksanakan kegiatan yang memberi manfaat besar kepada masyarakat. Harapannya, tahun berikutnya bisa menggelar kegiatan serupa dengan memberikan nilai manfaat lebih besar lagi.

Dalam program ini selain fokus ke perbaikan fasilitas umum dan tempat ibadah, juga ada pemberian paket sembako kepada warga desa yang membutuhkan.(*)