Senin, 20 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Situbondo
icon featured
Situbondo

Penghuni Rutan Situbondo Dilatih Tangani Kebakaran

14 September 2021, 16: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

AGAR SELAMAT: Salah satu penghuni rutan mempraktikkan cara memadamkan api dalam simulasi yang digelar, kemarin.

AGAR SELAMAT: Salah satu penghuni rutan mempraktikkan cara memadamkan api dalam simulasi yang digelar, kemarin. (Humaidi/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Sejumlah penghuni rumah tahanan (Rutan) kelas IIB Kabupaten Situbondo kemarin (13/09) dilatih bagaimana cara memadamkan api sesuai standart operasional prosedur (SOP). Mereka mempraktikkan secara langsung jika terjadi bencana alam dengan dibimbing langsung oleh petugas yang berkompeten.     

Kasubsie pengelohan Rutan Situbondo, Salugu Widya Utama, dirinya sengaja menggandeng pihak terkait untuk memberikan pemahaman mengenai penanganan bencana alam. Sebab, cara yang dilakukan juga harus berdasarkan syarat Operasional prosedur(SOP) jika suatu waktu terjadi peristiwa kebakaran.

"Kami bersama jajaran kepolisian, TNI, Damkar juga kedokteran di Situbondo mencanangkan penerapan SOP evakuasi, sebagaimana ketentuan  yang berlaku dalam evakuasi masyarakat binaan jika terjadi bencana alam" ujarnya.

Baca juga: SMPN 1 Genteng

Menurutnya,  ketika ada bencana alam yang terjadi, warga binaan diharapkan bisa untuk melakukan tindakan seperti yang sudah dipraktikkkan. "Karena sudah ada bekal, maka tehnik untuk menangani terjadinya bencana bisa di atasi dengan mudah," imbuhnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan kepada warga binaan agar turut menjaga area lapas. "Kami juga gandeng pihak PLN agar tidak ada sambungan kabel yang korslet. Sehingga, mengakibatkan kebakaran," pungkasnya.

Kabag Ops Polres Situbondo, Kompol Yatno Mardi menyampaikan,  koordinasi kali ini dilakukan untuk menyerap aspirasi dari pihak terkait. Tujuannya, mengupayakan agar tidak ada bencana yang tidak diinginkan terjadi. "Dari kepolisian, TNI, damkar dan yang terkait,  saling memberi masukan agar  jika ada kejadian bisa ditangani dengan apa yang sudah tadi peraktikkkan," katanya.

Kata dia, saat ini banyak di media mengabarkan terjadinya kebakaran. Hal itulah yang menjadi pertimbangan, sehingga pihaknya mengadakan serap aspirasi tersebut. "Semoga saja di sini tidak ada kejadian dan warga binaan terselamatkan dari hal seperti itu," imbuhnya. (mg1/pri)

(bw/*/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya