Minggu, 26 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Features
icon featured
Features

Cerita Zainul Hasan, Hidup dengan Tiga Istri dalam Satu Atap

14 September 2021, 15: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

TAK BANYAK YANG BISA BEGINI: Zainul Hasan bersama ketiga istrinya hidup rukun dan harmonis selama belasan tahun.

TAK BANYAK YANG BISA BEGINI: Zainul Hasan bersama ketiga istrinya hidup rukun dan harmonis selama belasan tahun. (Marjono/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Tak banyak laki-laki yang seperti Zainul Hasan. Dia bisa menikahi tiga perempuan. Namun yang paling tak biasa, tiga perempuan itu bisa hidup rukun dalam satu rumah bersama dirinya.

Zainul Hasan menikahi tiga perempuan. Mereka hidup rukun dan harmonis dalam satu rumah di Dusun Karang Anyar, Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan. Tiga perempuan itu adalah Kusnul Khatimah, 44; Faisi, 41 dan Rafiatul Asizah, 36.

Di lingkungannya, Zainul Hasan dikenal sebagai pria yang kalem dan penuh keakraban kepada siapa pun yang menemuinya. Setiap harinya, Zainul Hasan bekerja sebagai petani. Ketika ditemui di ruang tamunya, dia sangat ramah dan santun. Dia tampil begitu kompak dengan tiga istrinya. "Alhamdulillah kami hidup rukun bersama tiga isteri dan delapan anak, semuanya berjalan harmonis,” terangnya

Baca juga: Polisi Tetapkan Dua Warga Jadi Tersangka

Dia mengaku menjalani hidup dengan tiga istri sudah belasan tahun. Pertama kali dia menikahi Khusnul khatimah. Kemudian Faisi, sebagai istri kedua. Kemudian Rafiatul Asizah sebagai isteri ketiga. "Kami bersyukur sejak awal menikah dan menjalani bahtera rumah tangga dengan tiga istri tidak pernah ada pertengkaran. Dan semua kewajiban sebagai suami-isteri berjalan dengan rukun," ujar Zainul.

Zainul mengungkapkan, dia selalu komitmen kepada tiga isterinya dengan selalu memberikan perhatian, memenuhi nafkah lahir batin secara adil dan bijaksana. “Sesuai  komitmen awal, saya selalu bertindak bijaksana kepada tiga istri tercinta. Tanpa itu, akan sulit berjalan seperti saat ini,” ucap Zainul

Kata dia, yang terpenting lagi dia selalu mengajarkan norma-norma agama Islam serta memberikan teladan kepada para istrinya. Bahkan, Zainul selalu berusaha bijaksana kepada istrinya. "Jika pendapatan saya Rp 1 juta, maka uang tersebut secara otomatis akan saya bagi menjadi tiga. Artinya ada keadilan dalam memenuhi kewajiban sebagai suami," ungkapnya.

Kehidupan rumah tangga dengan tiga istrinya, dijalani Zainul dengan penuh rasa tanggungjawab dan kasih sayang. Saat bepergian, ketiga istrinya selalu diajak bersama dan tidak pernah mengeluh satu dengan yang lain. Ketiganya juga memiliki tugas masing-masing. “Misalnya saja, istri pertama itu menyelesaikan tugas memasak, istri kedua mencuci dan istri ketiga membersihkan rumah. Mereka hidup rukun berdampingan dan saling membantu," ruturnya.

Rafiatul Azizah, istri ketiga Zainul Hasan menjelaskan, hidup dalam satu rumah bersama istri ke satu dan ke dua suaminya, sudah seperti keluarga sendiri. Azizah mengaku, mereka tidak pernah dibeda-bedakan oleh Zainul Hasan. "Dia selalu bersikap arif dan bijaksana terhadap ke tiga istri. Mungkin, tindakan bijaksana Mas Zainul inilah yang membuat kami bertiga selalu hidup rukun dalam satu rumah," kata Azizah.

Azizah menjelaskan selama mendampingi suaminya, dirinya merasa terlindungi dan hidup damai. Diakui, dalam keseharian di rumahnya, tidak pernah muncul pertengkaran antara  satu dengan yang lain. “Kami hidup berdampingan tanpa ada perasaan cemburu. Justru kami saling membantu apabila suami menemui sebuah masalah pekerjaan. Hidup kami selalu damai, harmonis dan sejahtera," ungkap Azizah. (jon/pri)

(bw/*/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya