Minggu, 26 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Sembako
icon featured
Sembako

Harga Telur Ayam Ras Anjlok

14 September 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

RUSAK: Firmansyah mengambil telur ayam di peternakannya, kemarin (12/9).

RUSAK: Firmansyah mengambil telur ayam di peternakannya, kemarin (12/9). (Salis Ali Muhyidin/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Para peternak ayam telur, kini sedang kelimpungan, karena harga telur ayam sedang turun drastis. Yang membuatnya tambah pusing, saat ini harga pakan ayam sedang naik.

Salah satu peternak ayam di Desa Sempu/Kecamatan Sempu, Muhammad Firmansyah, 26, mengatakan penurunan harga telur di tingkat peternak, sudah terjadi sejak awal Agustus 2021. “Harga terus turun,” katanya.

Pada Juni dan Juli, terang dia, harga telur ayam masih Rp 21 ribu per kilogram. Pada awal Agustus 2021, mulai turun dan harganya Rp 18 ribu per kilogram. “Sekarang harganya hanya Rp 15.500 per kilogram,” ujarnya.

Baca juga: Vaksinasi Lima Hari Tembus 58 Ribu

Menurut Firmansyah, salah satu penyebab turunnya harga telur itu, menurunnya permintaan pasar karena stok di pasaran masih melimpah. “Sekarang hajatan tidak ada, permintaan jadi turun. Padahal stok tinggi,” jelasnya.

Saat harga telur sedang turun, ternyata harga pakan untuk ternak ayam malah naik. Dan ini, membuat para peternak semakin kelimpungan. “Kami jadi bingung,” terang peternak ayam lainnya, Nastohari, 61, asal Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Sempu.

Saat ini, jelas dia, harga jagung yang biasa dibuat untuk pakan ternak ayam itu berkisar antara  Rp 5.000 sampai Rp 5.600 per kilogram. “Biasanya harga jagung itu Rp 4.500 per kilogramnya, sekarang naik,” ujarnya.

Nastohari yang memiliki 800 ekor ayam itu mengatakan, meski harga jagung naik, tetap tidak akan menggunakan pakan pabrikan, meski harganya lebih murah. “Saya tidak mau gonta-ganti pakan, karena ayam bisa tidak mau bertelur,” ungkapnya.

Bagaimana harga telur di pasar? Salah satu pedagang di Pasar Sempu, Kecamatan Sempu, Sundari, 56, mengungkapkan, di pasar harga telur antara Rp 19 ribu sampai Rp 20 ribu  per kilogram. “Harga telur ayam turun,” katanya.(mg3/abi) 

(bw/*/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya