Minggu, 26 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Kesehatan
icon featured
Kesehatan

Vaksinasi Lima Hari Tembus 58 Ribu

14 September 2021, 10: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Vaksinasi Lima Hari Tembus 58 Ribu

(Grafis: M. Reza Fairuz/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id - Percepatan vaksinasi di tengah masyarakat terus digenjot. Dalam lima hari terakhir sudah mencapai  58.940 orang yang mendapatkan suntikan vaksin, baik dosis 1, 2, maupun dosis ke 3 khusus tenaga kesehatan (nakes).

Dari jumlah 58.940 yang mendapatkan vaksinasi, sebanyak 25.299 orang mendapatkan vaksinasi tahap 1, 33.460 tahap 2, dan sisanya 181 orang nakes yang mendapatkan suntikan vaksinai tahap ke 3. Dari jumlah tersebut rata-rata angka vaksinasi harian di Banyuwangi mencapai 11.788 orang. Angka tersebut mencakup semua dosis vaksinasi.

Satgas Covid-19 Banyuwangi menargetkan bisa mencapai 70 persen dari sasaran pada akhir Oktober atau 938.155 orang untuk minimal dosis pertama. Dengan target itu, dikurangi dengan capaian yang sudah divaksi tahap 1 hingga kemarin yaitu 622.406 orang, masih ada 315.749 orang lagi yang harus divaksin.

Baca juga: Penyidik Reskrim Gelar Olah TKP Kasus Kekerasan Seksual Siswa SMP

Jika dengan kecepatan rata-rata harian vaksinasi tahap 1 mencapai 5.060 orang, maka target 70 persen sasaran baru akan terpenuhi selama 62 hari.  Artinya, jika Satgas menargetkan 70 persen sasaran tervaksin pada akhir oktober, mereka harus meningkatkan capaian harian terutama untuk dosis pertama.

Jika dengan capaian yang sama, maka perkiraan 70 persen sasaran baru bisa tercapai pada pertengahan bulan November. "Kita sudah berdiskusi dengan Forpimka. Akhir Oktober target vaksinasi bisa mencapai 70 persen dari sasaran. Dua bulan ini kita upayakan untuk mencapai tambahan 25 persen sasaran," tegas Kepala Dinas Kesehatan, dr Widji Lestariono.

Rio –sapaan akrabnya- mengaku optimistis capaian itu bisa direaliasikan dengan bantuan para relawan nakes, ditambah dengan jumlah vaksin yang terus diterima Banyuwangi.

Ketua Satgas Covid-19 Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menambahkan, untuk mencapai target 70 persen, pihaknya menggandeng semua pihak.  Mulai dari TNI, Polri, komunitas, masyarakat umum, hingga partai politik. Dibantu dengan tambahan vaksin yang terus diterima Banyuwangi Ipuk optimis proses vaksinasi bisa berjalan dengan lancar. "Vaksin kita terus ditambah, kemudian semua elemen membantu. Ini akan membantu cakupan vaksinasi," kata Ipuk.

Sementara itu, vaksinasi untuk masyarakat maupun pelajar terus digelar. Setiap hari secara sporadis program vaksinasi yang dilakukan komunitas maupun lembaga pemerintah hingga partai politik terus berjalan. Salah satunya yang terus dilakukan Kodim 0825 dengan sasaran para santri. Sabtu (11/9), sebanyak 200 orang santri dari Desa Sukonatar, Kecamatan Srono mendapatkan vaksinasi dari Kodam V Brawijaya yang disalurkan melalui Kodim.

Komandan Kodim 0825/Banyuwangi Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto mengatakan, TNI AD menyasar sasaran vaksinasi yang berbeda untuk berbagi tugas dengan pemerintah kabupaten dan instansi lainya. Selain masyarakat umum, Kodim juga menyasar para santri dari ratusan pesantren di Banyuwangi secara bertahap.

Dengan harapan kondisi pesantren yang sudah beroperasi bisa semakin aman dari penularan virus korona. "Untuk masyarakat umum lebih dari 3.900 yang kita vaksin. Untuk santri masih terus berjalan. Kami optimistis dengan capaian antara 12 ribu sampai 14 ribu sasaran per hari secara keseluruhan, Banyuwangi bisa cepat mencapai sasaran vaksinasi," tandasnya.

(bw/fre/aif/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya