Minggu, 26 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Seleksi Kompetensi PPPK Guru Dimulai

13 September 2021, 13: 10: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

KETAT: Salah satu lokasi ujian PPPK Guru berada di SMAN 1 Giri Banyuwangi. Setiap ruangan di sekolah tersebut bisa dipantau melalui kamera CCTV.

KETAT: Salah satu lokasi ujian PPPK Guru berada di SMAN 1 Giri Banyuwangi. Setiap ruangan di sekolah tersebut bisa dipantau melalui kamera CCTV. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – ”Genderang” uji kompetensi terhadap para pelamar seleksi calon aparatur sipil negara (ASN), khususnya Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru ditabuh. Para pendaftar yang sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi administrasi bakal menjalani seleksi kompetensi berbasis computer assisted test (CAT) mulai pagi ini (13/7) hingga Jumat mendatang (17/8).

Mengacu jadwal yang dilansir Pemerintah Provinsi Jatim, seleksi kompetensi bagi para pelamar PPPK Guru formasi tahun 2021 bakal digeber dalam tiga tahap. Ujian bagi pelamar yang mendapat giliran uji kompetensi tahap pertama dilangsungkan pekan depan, sedangkan seleksi kompetensi tahap dua dan tiga masing-masing digelar mulai tanggal 26 sampai 30 Oktober serta tanggal 2 sampai 6 Desember 2021 mendatang.

Total peserta uji kompetensi PPPK Guru di Banyuwangi mencapai 3.151 orang. Mereka merupakan pendaftar calon PPPK Guru di satuan pendidikan jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini. Di sisi lain, seleksi kompetensi calon PPPK Guru tersebut akan digeber di empat titik, yakni SMAN 1 Giri, SMAN 1 Glagah, SMKN 1 Banyuwangi, dan SMKN 1 Glagah.

Baca juga: Rempeyek Pakis, Aman dari Pengawet dan Bahan Kimia

Seleksi kompetensi akan digeber dua sesi setiap hari. Ujian bagi peserta yang mengikuti seleksi kompetensi sesi satu dimulai pukul 08.00 sampai 10.50, sedangkan ujian sesi dua digelar mulai pukul 14.00 sampai 16.50.

Yang perlu digarisbawahi, masing-masing peserta harus hadir di tempat uji kompetensi (TUK) satu jam sebelum ujian dimulai. Sebab, sebelum masuk ruang ujian, mereka akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan pemeriksaan dokumen Covid-19, yakni dokumen vaksinasi dan hasil swab test antigen.

Selain itu, calon peserta ujian juga harus melakukan registrasi pendaftaran dan menjalani pemeriksaan identitas. Karena itu, calon peserta ujian harus membawa kartu tanda penduduk (KTP), kartu tanda peserta, bukti rapid test antigen, dan dokumen deklarasi sehat yang bisa dicetak melalui laman SSCASN. Selanjutnya, sesaat sebelum memasuki ruang ujian, peserta akan menjalani pemeriksaan untuk memastikan mereka tidak membawa ponsel, kalkulator, dan peralatan elektronik lain-lain ke ruang ujian.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi Suratno mengatakan, berkaitan dengan kewajiban peserta seleksi PPPK menunjukkan hasil rapid test antigen, Bupati Ipuk Fiestiandani telah menyatakan bahwa pemkab siap memfasilitasi swab test gratis kepada para pelamar calon abdi negara tersebut.

Sesuai statemen Bupati Ipuk, imbuh Suratno, calon peserta ujian cukup membawa KTP domisili Banyuwangi dan kartu peserta ujian ke puskesmas terdekat sehari sebelum pelaksanaan (H-1) SKD untuk dilakukan swab antigen. ”Kami mengimbau calon peserta uji kompetensi untuk menghubungi puskesmas terdekat,” ujarnya.

(bw/sgt/rbs/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya