Minggu, 26 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis
Ragam Keripik, Kerupuk, dan Rempeyek

Keripik Sukun; Sumber Energi dengan Aroma Khas

13 September 2021, 16: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

KUNING KEEMASAN: Keripik sukun dengan aroma khas mengundang selera yang siap santap.

KUNING KEEMASAN: Keripik sukun dengan aroma khas mengundang selera yang siap santap. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Sukun merupakan buah tropis yang menyerupai nangka, namun tidak berduri. Tekstur daging buahnya tebal dan mengandung karbohidrat tinggi, menjadikan buah ini sebagai sumber karbohidrat, penghasil energi.

Warna buah sukun biasanya berwarna hijau sebelum matang. Apabila buah sukun matang, biasanya warna kulit tampak kekuningan. Buah sukun juga tidak memiliki biji. Buah sukun yang masak mempunyai tekstur yang lembut serta memiliki aroma yang khas, warna dagingnya pun krem kekuningan.

Sukun memang lebih terkenal di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik karena iklimnya yang cocok untuk ditanami pohon ini. Sukun dapat dijadikan berbagai jenis variasi olahan makanan. Salah satunya dijadikan keripik.

Baca juga: Banyuwangi Pernah Identik dengan Kota Pisang

Cara pembuatannya juga cukup mudah. Untuk mendapatkan kualitas keripik yang bagus dan rasanya manis, sebaiknya dipilih sukun yang matang pohon. Selanjutnya kulit sukun dikupas terlebih dahulu dengan membuang bagian yang keras dan kasar.

Selanjutnya, sukun dibelah menjadi dua bagian dan bagian tengah yang memiliki tekstur yang keras seperti biji dibuang. Kemudian sukun diiris tipis-tipis, karena jika terlalu tebal maka sukun akan susah kering.

Agar hasil keripiknya memiliki tekstur yang lembut, setelah diiris tipis-tipis sukun direndam dalam larutan air yang sudah dicampur dengan soda kue. ”Bisa juga dengan menggunakan larutan air kapur sirih,” ujar Patanah, pedagang keripik di Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.

Setelah direndam kurang lebih satu jam di dalam air soda kue, irisan sukun tersebut kemudian dicuci hingga bersih dan ditiriskan. Sukun siap untuk digoreng dan dijadikan keripik. ”Setelah minyak goreng panas, baru irisan sukun bisa dimasukkan dan diangkat setelah berubah warna kuning emas dan telah kering,” katanya.

Buah sukun banyak memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Selain kandungan gizi yang melimpah, sukun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sukun banyak mengandung karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Sukun juga kaya akan serat. Kandungan serat pada sukun sangat membantu pencernaan serta dapat mengurangi kadar kolesterol. ”Kandungan lemak yang rendah pada buah sukun juga dapat digunakan sebagai terapi diet,” tandas Patanah. 

(bw/ddy/rbs/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya