Minggu, 26 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi

LKP Desy Education Setara D-1, Program PKK Siap Kerja

12 September 2021, 11: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

PRAKTIK: Peserta program PKK mendapatkan pelatihan table manner tentang etika dan tata cara penyajian hidangan bagi tamu yang dibimbing langsung SDM Hotel Santika, Kamis (9/9).

PRAKTIK: Peserta program PKK mendapatkan pelatihan table manner tentang etika dan tata cara penyajian hidangan bagi tamu yang dibimbing langsung SDM Hotel Santika, Kamis (9/9). (Benny Siswanto/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) berbasis Industri Usaha dan Kerja (IDUKA). Pembelajaran Praktik Bidang Perhotelan digelar Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Desy Education (DE) bekerja sama dengan Hotel Santika.

Acara digelar selama dua hari di Hotel Santika sejak Selasa (7/9). Diikuti 60 peserta program PKK yang difasilitasi oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI.

Direktur LKP DE Handoyo Saputro MPd MSi mengatakan, program PKK bertujuan untuk membantu Anak Usia Sekolah (AUS) yang tidak bersekolah agar mendapatkan pendidikan yang layak. ”Nantinya, setelah mengikuti pelatihan ini mereka dapat memperoleh pekerjaan,” ujar Handoyo.

Baca juga: Ipung: Bukunya Penuh Inovatif dan Inspiratif

Program PKK LKP DE setara dengan D-1. Peserta akan menjalani 6 bulan kursus di bidang Perhotelan Jenjang III KKNI dan 6 bulan mengikuti OJT atau penempatan kerja dengan hotel yang bekerja sama dengan LKP DE. ”Saat ini kami memulainya dengan Hotel Santika Banyuwangi, Senin besok dengan Aston Sidoarjo. Berikutnya dengan Hotel Illira dan seterusnya hotel yang telah bermitra dengan LKP DE,” jelas Handoyo.

Handoyo mengungkapkan LKP DE adalah salah satu lembaga penyelenggara Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dengan tipe Platinum (Level Internasional) sebagai best practice atau percontohan tingkat nasional.

Handoyo menambahkan bahwa lewat program PKK, LKP DE ikut serta menyukseskan dan mendukung program pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Banyuwangi. ”Alhamdulillah, LKP DE mendapat support penuh dari berbagai pihak khususnya IDUKA di bidang perhotelan baik di  Banyuwangi maupun luar kota,” pungkas Handoyo.

Sementara itu, Ketua DPC HIPKI Kabupaten Banyuwangi Mohammad Helmi Kurniawan didapuk menjadi salah satu narasumber pada kegiatan PKK di Hotel Santika. Helmi berbagi tips kepada peserta PKK, jika ingin menjadi seorang pekerja yang sukses kuncinya adalah tidak boleh berputus asa. ”Semangat terus belajarnya, memiliki soft skill yang baik dan tidak cukup hanya dengan menguasai hard skill-nya saja,” pesan Helmi.

(bw/ics/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya