Minggu, 19 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Banyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Tujuh Pasang Calon Pengantin Jalani Sidang BP4R

30 Juli 2021, 15: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

HENDAK NIKAH: Tujuh pasangan calon pengantin dari anggota Polresta Banyuwangi menjalani sidang BP4R di Rupatama Wirapratama Polresta Banyuwangi kemarin.

HENDAK NIKAH: Tujuh pasangan calon pengantin dari anggota Polresta Banyuwangi menjalani sidang BP4R di Rupatama Wirapratama Polresta Banyuwangi kemarin. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Tujuh pasangan calon pengantin yang akan melaksanakan perkawinan dengan anggota Polri, menjalani sidang Badan Pembantu Penasihat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R) di Aula Rupatama Wirapratama Polresta Banyuwangi, Rabu kemarin (28/7).

Sidang BP4R adalah sidang untuk pemberian izin nikah bagi anggota Polri yang hendak menikah. Sidang yang dipimpin langsung oleh Wakapolresta Banyuwangi AKBP Didik Hariyanto itu, juga menghadirkan seluruh mempelai. ”Sidang ini merupakan syarat izin anggota Polri untuk diperbolehkannya menikah,” ujar Didik.

Didik mengatakan, sebelum pelaksanaan pernikahan harus dilakukan pengecekan terhadap kelengkapan persyaratan untuk dimulainya sidang. ”Ini juga untuk memberikan arahan serta petunjuk kepada calon mempelai agar mengerti tugas dan peran jika sudah berumah tangga nantinya,” katanya.

Baca juga: Optimistis 2023 Jadi Titik Balik Pertumbuhan Ekonomi

Sidang nikah ini, jelas Didik, memang wajib dilaksanakan seluruh personel Polri yang akan melangsungkan pernikahan. ”Tanpa sidang BP4R ini, para anggota Polri tidak bisa menikah,” tambahnya.

Didik mengatakan, hal itu sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2010 yang menyebutkan bahwa setiap anggota Polri atau Polwan yang akan melaksanakan perkawinan harus melalui proses sidang BP4R sebelum pernikahan dilangsungkan. Selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota dan pasangannya untuk melakukan pernikahan mengingat tugas dan tanggung jawab Polri yang berat.

”Perlu diketahui bahwa tugas Polri sangat berat dan beraneka ragam, untuk itu sebagai istri dari anggota Polri harus memahami suaminya. Sehubungan dengan hal tersebut di atas selaku seorang istri anggota Polri dituntut dalam kesederhanaan,” tegas Didik. (rio/afi/c1)

(bw/rio/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya