Minggu, 26 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

PKS Jatim Ajak Masyarakat Ingat Sejarah Kemerdekaan

Gelar Semifinal Lomba Baca Teks Proklamasi

29 Juli 2021, 07: 41: 37 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan

Share this          

SURABAYA – Sejarah bangsa ini bisa dipahami dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggelar kegiatan yang mengingatkan masa-masa perjuangan Indonesia. Untuk itulah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jatim mengajak masyarakat mengingat kembali sejarah Indonesia dengan menggelar semifinal lomba baca teks proklamasi mirip Bung Karno. 

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan menuturkan bahwa semifinal lomba baca teks proklamasi mirip Bung Karno yang digelar PKS Jatim ini merupakan terusan dari lomba yang digelar Fraksi PKS DPR RI. ”Jadi, DPP PKS yang menggelar lomba ini. Kami di Jatim meneruskannya. Kami menjaring peserta dari Jatim. Pemenangnya, selain dapat hadiah dari kami, juga akan kami ikut sertakan ke final lomba di DPP, mudah-mudahan pemenangnya dari Jatim,” tutur Irwan. 

Irwan berharap dengan lomba ini, masyarakat khususnya generasi muda serta para santri dari kalangan pondok pesantren, bisa merasakan semangat juang yang dirasakan proklamator dan para pejuang kemerdekaan saat itu. ”Semangat proklamasi ini harus diimplementasikan dalam konteks kekinian, yaitu bersama menghadapi pandemi Covid-19,” kata Irwan bersemangat. 

Baca juga: Buka Lebih Awal, Satpol PP Tertibkan Toko Modern

Irwan menyampaikan bahwa kemenangan bangsa Indonesia melawan penjajahan di negeri ini saat itu pun sangat bisa diraih kembali dalam melawan Covid-19 ini. Asalkan bangsa Indonesia terus menguatkan kebersamaan, kekompakan, dan persatuan. 

”Jika dulu kita bisa menang melawan penjajah, kita tentu bisa menang dalam melawan Covid-19 ini. Lomba baca teks proklamasi ini mudah-mudahan mengingatkan kita kembali tentang kemenangan bangsa ini saat itu,” kata pria 45 tahun itu. 

Irwan kemudian menegaskan bahwa jajaran pengurus dan anggota PKS di seluruh Jawa Timur selama ini sudah berperan membantu masyarakat terdampak Covid-19. Mulai dari membuat tim khusus untuk penanganan Covid-19, membagikan makanan dan logistik untuk warga yang sedang isolasi mandiri, menyiapkan tabung oksigen, menyiapkan ambulans, sampai membantu pemulasaraan  dan mengantarkannya ke pemakaman. 

”Terima kasih kepada pengurus, anggota, anggota legislatif dari PKS, simpatisan, relawan, dan masyarakat yang membantu kami, bersama-sama membantu warga terdampak Covid-19. Insya Allah kita bisa memenangkannya,” katanya sambil mengepalkan tangan. 

Dwi Hari Cahyono, Ketua Fraksi KBN DPRD Jatim, selaku penanggung jawab kegiatan semifinal menjelaskan teknis pelaksanaan semifinal lomba. Semifinal lomba membaca teks proklamasi mirip Bung Karno ini, ditujukan untuk seluruh masyarakat di Jawa Timur, gratis tanpa dipungut biaya apa pun. Peserta diwajibkan mem-follow akun Instagram dari @fraksipksdprri, @pksjatim, akun Twitter @FPKSDPRRI, @PKSJATIM, juga Facebook Fraksi PKS DPR RI dan PKS Jawa Timur. Pengumpulan materi dirupakan video dengan durasi 3 menit, yang di-upload melalui channel YouTube milik pribadi dengan format judul ”Lomba Membaca Teks Proklamasi F-PKS DPR RI 2021- NAMA”. 

Selain itu, peserta diminta mengirim URL YouTube tersebut ke Fraksi PKS DPRD Jatim melalui nomor WhatsApp 082233814333, dan dikumpulkan paling lambat 3 Agustus 2021. Peserta juga diminta menyebarkan video yang telah di-upload ke akun media sosial pribadi dengan melakukan tag ke akun-akun yang sudah tertera di atas serta mencantumnkan hashtag #LombaBacaTeksProklamasiPKSDPRRI2021. 

”Kemudian peserta diminta meng-upload potongan video ke akun Instagram pribadi dengan hashtag #LombaBacaTeksProklamasiPKSDPRRI2021 dan menge-tag ke teman terdekat dan follow akun Instagram @fraksipksdprri dan @pksjatim. Mudah-mudah Jawa Timur yang menang,” harap Dwi Hari Cahyono. 

Kriteria penilaiannya, imbuh Dwi Hari, yaitu kemiripan suara dengan Bung Karno, ekspresi dan penjiwaan, vokal/ artikulasi/intonasi, orisinalitas, setting tempat atau lokasi, dan jumlah like dan komentar di video. 

”Untuk di Jatim total hadiahnya 6 juta rupiah. Yang menang akan diikutkan ke nasional. Total hadiah di nasional 17 juta rupiah. Yang berminat bisa menghubungi nomor panitia di 082233814333,” ujarnya. 

Kegiatan semifinal lomba baca teks proklamasi mirip Bung Karno ini turut disukseskan oleh Fraksi PKS kabupaten/kota, DPD dan DPC PKS se-Jawa Timur. (*/afi/c1) 

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
Artikel Lainya