Minggu, 26 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Lifestyle
icon featured
Lifestyle

Pisau Penyayat Kulit; Bahan Stainless Steel Lebih Bersih

27 Juli 2021, 08: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

RUNCING: Pisau khusus untuk menyayat bagian kulit binatang.

RUNCING: Pisau khusus untuk menyayat bagian kulit binatang. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Pisau seset kulit (penyayat) adalah satu di antara pisau yang diperlukan tukang jagal ternak. Pedagang daging juga kerap mengandalkan jenis pisau mungil ini.

Pisau seset kulit memiliki peran penting memisahkan daging dengan kulit ternak. Untuk memilih pisau seset kulit sapi yang jempolan, hal pertama yang perlu diperhatikan yakni bahan yang dipakai. Pisau yang bagus terutama untuk pisau seset kulit yaitu terbuat dari kombinasi stainless steel.

”Pisau seset ini harus memiliki ketajaman yang kuat, karena saat digunakan akan biasanya akan terkena lemak hewan yang menempel di antara daging dan kulit,” ujar Suwoko, seorang jagal bagian seset di Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.

Baca juga: Pisau Chef Digemari karena Paling Praktis

Pisau dengan bahan stainless steel tidak mudah berkarat sehingga dapat tahan lama. Jadi, dalam pilih pisau seset kulit ini harus memastikan spesifikasi bahan dasar pisau yang digunakan. Selain bahan yang digunakan, ukuran pisau juga berpengaruh.

Bilah pisau harus juga diperhatikan dalam memilih pisau seset kulit. Sebab, bilah pisau memiliki pengaruh dalam menyayat kulit. ”Untuk pisau seset kulit sebaiknya memiliki bilah agak berjarak dengan gagang pisau,” terangnya.

Gagang yang nyaman dipegang memastikan kenyamanan pemakai dalam menyayat kulit. Ciri pisau yang memiliki ketajaman yang tinggi yaitu memiliki bilah pisau yang tidak tebal. Dengan bilah pisau yang tidak tebal akan memudahkan saat memakai pisau untuk menyayat kulit. Untuk meyakinkan ketajaman pisau bisa dicoba terlebih dulu, misalnya dengan digunakan untuk menyayat kertas.

Langkah menjaga pisau seset kulit sesungguhnya sangat gampang, yakni mengasah dengan benar. Di luar itu, pisau seset kulit sesekali perlu diberi minyak nabati supaya tidak gampang tumpul dan berkarat. (ddy/bay/c1)

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya