Minggu, 26 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Begini Usul Anggota Dewan Terkait Pemulihan Ekonomi Pasca PPKM Darurat

26 Juli 2021, 16: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Ilustrasi pemulihan ekonomi.

Ilustrasi pemulihan ekonomi. (Dok. Radar Bojonegoro)

Share this          

RadarBanyuwangi.id - Anggota DPRD Situbondo, Arifin mengusulkan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo membuat program pemulihan ekonomi pasca pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali. Politisi PPP ini khawatir, keadaan ekonomi masyarakat semakin merosot jika tidak kunjung mendapat perhatian penuh dari pemerintah daerah.

Menurut Arifin, masyarakat tidak bisa melakukan aktivitasnya secara normal sejak pemberlakukan PPKM. Khususnya para pedagang.

“Salah satu contohnya pedagang yang biasa berjualan di malam hari. Mereka sudah tidak bisa lagi berjualan karena ada pembatasan aktivitas hingga pukul 20.00. Padahal, berjualan adalah satu-satunya sumber pendapatan mereka,” ujarnya.

Baca juga: Proses Hukum Pengambilan Paksa Jenazah Pasien Covid-19 Berlanjut

Karena itu, kata Arifin, tidak salah jika pemerintah ke depan lebih fokus memperhatikan upaya pemulihan ekonomi pasca PPKM. “Entah caranya seperti apa, pemerintah daerah yang bisa mendesain semua itu. Yang terpenting, langkah yang diambil benar-benar dapat membantu memulihkan ekonomi masyarakat kecil,” ujarnya.

Bahkan jika memungkinkan, kata Arifin, upaya pemulihan ekonomi sangat layak untuk dilaksanakan dalam waktu dekat. “Semakin cepat semakin bagus. Agar keadaan ekonomi masyarakat segera kembali normal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arifin mengatakan, pihaknya khawatir kemeresotan ekonomi masyarakat berdampak terhadap tingginya angka kriminalitas di Kota Santri. Khususnya pencurian.

“Karena kalau ekonomi semakin merosot, masyarakat akan semakin kebingungan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dan bisa jadi, mereka melakukan aksi yang tidak dibenarkan untuk memenuhi kebutuhannya. Seperti merampok, mencuri dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris Daeah (Sekda) Kabupaten Situbondo, Syaifullah tidak menjawab saat dihubungi sekitar pukul 16.22. Sehingga, wartawan koran ini tidak bisa mendapat jawaban apapun dari usulan tersebut. (zul/pri)

(bw/zul/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya