Minggu, 19 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Kesehatan
icon featured
Kesehatan

Anak-Anak Antusias Jalani Vaksinasi

25 Juli 2021, 15: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

EKSPRESI SAAT DISUNTIK: Siswa kelas 7 SMPN 3 Banyuwangi mulai mendapatkan suntik vaksin dosis pertama. Pelaksanaan vaksinasi berlangsung di sekolah setempat, kemarin.

EKSPRESI SAAT DISUNTIK: Siswa kelas 7 SMPN 3 Banyuwangi mulai mendapatkan suntik vaksin dosis pertama. Pelaksanaan vaksinasi berlangsung di sekolah setempat, kemarin. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Pepatah itu tepat menggambarkan layanan vaksinasi yang dilakukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Singotrunan, Banyuwangi.

Pihak puskesmas melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah untuk melaksanakan vaksinasi bagi anak usia 12 sampai 17 tahun. Dengan demikian, selain dapat mempercepat vaksinasi bagi seluruh sasaran, langkah ini juga bermanfaat mencegah kerumunan sehingga potensi penularan dan penyebaran Covid-19 bisa diminimalkan.

Pihak Puskesmas Singotrunan melakukan jemput bola ke SMPN 3 Banyuwangi kemarin (21/7). Kali ini, vaksinasi menyasar 222 siswa di sekolah tersebut. Petugas Puskesmas Singotrunan Sri Artiningsih mengatakan, jemput bola vaksinasi Covid-19 dilakukan berdasar sejumlah pertimbangan. Di antaranya pertimbangan luas area vaksinasi sehingga potensi kerumunan bisa dicegah.

Baca juga: Alat Perebah Sapi Sederhana Made in Panitia Kurban Desa Lemahbangkulon

Selain itu, sekolah juga bisa mengoordinasi siswa yang datang disesuaikan dengan jumlah sasaran per hari. ”Karena kalau sasaran didatangkan di puskesmas, kami tidak bisa mengontrol, kami hanya menunggu mereka yang datang,” ujar Sri.

Sri menuturkan, sedianya jumlah total sasaran vaksinasi di SMPN 3 Banyuwangi mencapai 675 siswa. Namun, pada vaksinasi pertama kemarin, vaksinasi dilakukan kepada 224 siswa. ”Vaksinasi akan kami gelar dalam tiga hari. Sejauh ini, kami evaluasi, mulai saat siswa baru datang ke area vaksinasi sampai meja observasi, protokol kesehatan berjalan dengan sangat baik,” kata dia.

Kepala SMPN 3 Banyuwangi Holili menuturkan, berdasar hasil koordinasi dengan Puskesmas Singotrunan, vaksinasi di sekolah yang dia pimpin tersebut dijadwalkan berlangsung kemarin (21/7), Senin (26/7), dan Rabu (28/7) mendatang. ”Giliran pertama hari ini (kemarin), vaksinasi dilakukan terhadap siswa kelas 7. Sedangkan vaksinasi gelombang kedua akan dilakukan terhadap siswa kelas 8, dan vaksinasi tahap ketiga menyasar siswa kelas 9,” tuturnya.

Anak-anak terlihat antusias menjalani vaksinasi dosis pertama kemarin.  Salah satu wali murid Farida merespons positif vaksinasi terhadap siswa SMPN 3 Banyuwangi tersebut. ”Semoga dengan divaksin anak-anak tambah sehat, terhindar dari Covid-19, dan bisa belajar tatap muka lagi. Semoga pandemi cepat berlalu,” harapnya.

Salah seorang siswa Marsya Hadi Kirana mengaku, setelah mendapat vaksinasi Covid-19, dirinya merasa lebih baik. ”Memang pada saat disuntik sedikit sakit. Namun, semoga dengan vaksinasi ini, kita bisa terhindar dari Covid-19 dan bisa segera sekolah tatap muka,” pungkasnya. (sgt/aif/c1)

(bw/sgt/als/JPR)

 TOP