Minggu, 19 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Ketinggian Ombak di Laut Selatan 3,5 hingga 4 Meter

25 Juli 2021, 10: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BERANGKAT: Nelayan Muncar nekat melaut meski ada imbauan ombak di tengah laut sedang tinggi kemarin (21/7).

BERANGKAT: Nelayan Muncar nekat melaut meski ada imbauan ombak di tengah laut sedang tinggi kemarin (21/7). (Krida Herbayu/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Para nelayan yang tinggal di pesisir Pantai Muncar, nekat melaut meski cuaca sedang tidak bersahabat, kemarin (21/7). Padahal saat ini, ombak di tengah laut sedang tinggi disertai angin kencang dan hujan ringan.

Mereka tetap melaut karena kebentur masalah ekonomi. Selama ini, para nelayan menggantungkan ekonomi untuk keluarganya dari hasil melaut. “Kami tidak takut dengan ombak tinggi, semua demi kebutuhan ekonomi,” ujar Nuryadi, 49, warga Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar.

Menurut Nuryadi, saat ini sedang musim ikan jenis layur, dan harganya sekitar Rp 12 ribu per kilogram. Meski sudah mengetahui ancaman bahaya akibat guaca buruk, tapi tetap nekat melaut. “Harga ikan layur tinggi, kalau tidak bekerja, kami beli beras pakai apa. Kondisi pandemi menyusahkan orang kecil,” keluhnya.

Baca juga: KA Jarak Jauh Hanya untuk Kepentingan Mendesak

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, Dita Purnamasari mengatakan suhu dingin dan cuaca di wilayah Banyuwangi, umumnya cerah berawan dan ada potensi hujan. Untuk cuaca di wilayah Banyuwangi bagian barat, ada kemungkinan besar sering diguyur hujan ringan. “Untuk hujan ringan masih berpotensi mengguyur sebagian wilayah Banyuwangi,” ungkapnya.

Potensi tekanan udara tinggi, jelas dia, masih tampak dari tekanan udara di wilayah Laut Australia. Itu karena, saat ini berada di musim dingin dan mengakibatkan suhu udara di Indonesia, tepatnya di wilayah Jawa, Bali, NTT, dan NTB terasa lebih dingin di malam dan pagi hari.

Untuk ketinggian gelombang di Selat Bali, tergolong rendah, yakni berkisar 1,2 meter. Sedangkan gelombang di perairan selatan Banyuwangi, hari ini tergolong tinggi kisaran 3,5 meter hingga empat meter. “Nelayan harus mewaspadai gelombang tinggi yang disertai angin kencang, karena cuaca hingga beberapa hari ini di perairan Selat Bali hingga Banyuwangi Selatan kurang bersahabat,” pungkasnya.(kri/abi)

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya