Minggu, 19 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Tahun Ini, BSI Kurban 41 Sapi dan 75 Kambing

24 Juli 2021, 18: 45: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

PEDULI SESAMA: Petugas dari BSI menyerahkan seekor sapi pada takmir masjid Nurul Jadid, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Minggu (18/7).

PEDULI SESAMA: Petugas dari BSI menyerahkan seekor sapi pada takmir masjid Nurul Jadid, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Minggu (18/7). (PT BSI for RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idul Adha, PT Bumi Suksesindo (BSI) membagikan ratusan hewan kurban kepada masyarakat di sekitar lokasi tambang Gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Ratusan hewan kurban yang dibagi-bagikan itu, terdiri 41 ekor sapi dan 75 ekor kambing. Hewan kurban itu termasuk dari kontraktor dan mitra BSI dan mulai didistribusikan pada Minggu (18/7). “Jumlah hewan kurban yang dibagikan PT BSI ini dua kali lipat dibandingkan tahun lalu,” cetus Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono.

Menurut Sudarmono, untuk menyiapkan program ini sudah dilakukan sejak sebulan lalu. Ini untuk memastikan program bisa berjalan dengan baik di tengah pembatasan-pembatasan. “Semoga ini bisa mendorong ekonomi masyarakat sekitar perusahaan,” harapnya.

Baca juga: Tergelincir Jalan Basah dan Menikung

Untuk pengadaan hewan kurban ini, jelas dia, PT BSI di tahun ini mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar. Dalam pelaksanaannya, tim external berkomunikasi dengan para peternak dan pedagang hewan di sekitar perusahaan untuk menyediakan kebutuhan hewan kurban tersebut. “Kami ingin semua program BSI bisa bermanfaat bagi masyarakat, dalam hal ini para peternak dan pedagang hewan di lingkungan kami,” katanya.

Hari Raya Idul Adha tahun ini, terang dia, masih dibayangi kasus positif Covid-19 yang meningkat drastic. Secara nasional, hampir menyentuh angka tiga juta kasus. Angka yang terkonfirmasi juga sangat tinggi, yaitu 44.741 orang dan 56.757 orang per harinya. “Angka ini diperparah dengan tingginya angka kematian akibat virus korona,” ungkapnya.

Makanya, lanjut dia, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak menggelar salat Idul Adha, baik di masjid maupun lapangan. Melalui Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), masyarakat diminta salat Id di rumah masing-masing. “Pandemi tidak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga perekonomian masyarakat,” cetusnya.

Selama pandemi Covid-19, masih kata dia, banyak orang kehilangan pekerjaan. Para petani gagal menjual hasil panennya ke luar daerah akibat penyekatan. Aktivitas ekonomi dibatasi dan pasar sepi pembeli. Banyak warga harus isolasi mandiri dan tidak bisa bekerja. “Semoga bantuan hewan kurban ini bisa memberi sedikit kebahagiaan di masa sulit ini,” ungkapnya.

Bersamaan dengan pembagian hewan kurban, PT BSI juga membagikan 100 paket sembako untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Dalam pendistribusiannya, perusahaan bekerja sama dengan Satgas Covid Pemerintah. “Agar bantuan tepat sasaran,” dalihnya.(abi)

(bw/*/als/JPR)

 TOP