Minggu, 26 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Lifestyle
icon featured
Lifestyle

Sedang Ngetren, Bunga Pengusir Nyamuk Diburu Pembeli

22 Juli 2021, 12: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BANYAK DIBURU: Tanaman zodia berukuran kecil di Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono ini banyak dicari pembeli saat musim hujan kemarin (14/7).

BANYAK DIBURU: Tanaman zodia berukuran kecil di Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono ini banyak dicari pembeli saat musim hujan kemarin (14/7). (Krida Herbayu/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id - Musim pancaroba membuat nyamuk aedes aegypti menggila. Bagian sebagian besar warga, nyamuk penyebar demam berdarah dengue (DBD) itu bisa diusir dengan tanaman hias zodia atau evodia sauveolens.

Tanaman hias jenis ini, kini tengah dibudidaya Romi Valentino, 28, asal Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono, dan banyak diburu warga. “Selama musim hujan ini, tanaman hias zodia banyak dicari warga,” terang Romi Valentino pada Jawa Pos Radar Genteng, kemarin (14/7).

Setiap musim hujan, terang dia, nyamuk aedes aegypti banyak berkeliaran dan berkembang biak. Dan itu, menyebabkan merebaknya penyakit DBD. “Tanaman hias zodia ini bisa mengusir nyamuk demam berdarah,” katanya.

Baca juga: Gokar Bagikan Paket Sembako dan Daging Kurban

Tanaman hias zodia ini harganya murah dan banyak manfaatnya. Satu tanaman dijual dengan harga Rp 6.000 hingga Rp 10 ribu, tergantung besar dan kecil tanaman itu. “Yang banyak membeli pegawai kantoran dan guru sekolah,” ujarnya.

Saat ini sekolah libur karena pembelajaran dilakukan dengan daring. Para guru membeli tanaman hias zodia, untuk ditanam di setiap kelas. “Mengusir nyamuk di sekolah dengan ditanami tanaman zodia, sekolah belinya hingga puluhan pot,” ungkapnya.

Tanaman hias zodia berukuran kecil, jelas dia, ditanam di pot. Bunga ini diletakan di dekat jendela atau pintu, agar tidak ada nyamuk yang masuk ke ruangan. Tanaman yang tidak menimbulkan efek samping itu, memiliki aroma yang khas dan dapat mengusur nyamuk. “Dipercaya sebagai pengusir nyamuk,” jelasnya.

Selain tanaman bunga jenis zodia, masih kata dia, pembeli juga banyak yang mencari bunga lavender. Bunga jenis ini memiliki fungsi yang sama, sebagai pengusir nyamuk karena mengandung zat linalool dan alphapinene. Hanya saja, lavender ini membutuhkan perawatan yang lebih disbanding tanaman zodia. “Perawatan zodia lebih mudah, dan dapat tumbuh dimana saja,” terangnya.(kri/abi)

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya