Minggu, 19 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Banyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Rem Blong, Truk Tangki Nyelonong ke Jalan Raya

22 Juli 2021, 12: 15: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

TAK ADA KORBAN: Unit lantas Polsek Rogojampi membantu mengevakuasi truk tangki yang melintang di Jalan Raya Kabat kemarin pagi (14/7).

TAK ADA KORBAN: Unit lantas Polsek Rogojampi membantu mengevakuasi truk tangki yang melintang di Jalan Raya Kabat kemarin pagi (14/7). (Dedy Jumhardiyanto/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Diduga akibat hand brake alias rem tangan tak berfungsi normal, truk tangki yang baru saja melakukan pengisian bahan bakar di SPBU Labanasem, Kecamatan Kabat mendadak nyelonong dan melintang ke jalan raya. Beruntung, pada saat itu kondisi jalan sedang sepi sehingga tak sampai menimbulkan korban jiwa.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 07.30, Rabu pagi (14/7) itu bermula saat kendaraan truk tangki Pertamina bernopol L 8573 UG yang dikemudikan Samsul, 47, warga Dusun Mantren, Desa/Kecamatan Kabat parkir di sebelah utara dengan posisi kendaraan menghadap ke timur. ”Truk tangki ini baru saja mengisi tandon bahan bakar di SPBU Labanasem,” ungkap Kanit Lantas Polsek Rogojampi Ipda Suharto.

Seusai mengisi tandon BBM, pengemudi truk tangki Samsul, turun dan meninggalkan kendaraan yang terparkir untuk buang air kecil di toilet SPBU. Saat ditinggal pergi itulah tiba-tiba truk tangki Pertamina tersebut melaju ke arah timur dan baru berhenti setelah menabrak pohon. Beruntung, saat bersamaan tak ada kendaraan yang sedang melintas di jalan raya. Sehingga tidak sampai ada korban jiwa. ”Kalau tidak ada pohon, kemungkinan truk tangki akan nyemplung ke persawahan,” ujar Suharto.

Baca juga: Antisipasi Penumpukan Kendaraan, Siapkan Tiga Kantong Parkir

Kecelakaan tunggal tersebut sempat mengakibatkan arus lalu lintas di ruas Jalan Raya Kabat–Rogojampi terganggu. Beruntung, petugas unit lantas Polesk Rogojampi yang mendapat informasi warga langsung bergegas ke lokasi kejadian dan melakukan pengaturan jalan, serta evakuasi kendaraan truk tangki yang melintang di tengah Jalan Raya Labanasem tersebut.

”Arus lalu lintas dari dua arah sempat kami berlakukan buka tutup, hingga akhirnya kendaraan berhasil dievakuasi dengan ditarik mundur oleh kendaraan truk tangki lain yang juga sedang parkir,” terang Suharto.

Hanya berselang 30 menit dari kejadian, arus lalu lintas di Jalan Raya Kabat kembali normal. Akibat peristiwa tersebut, truk tangki mengalami kerusakan pada kaca depan dan bumper kanan depan pecah. Kerugian material akibat laka lantas tunggal tersebut ditaksir mencapai Rp 3 juta. (ddy/afi/c1)

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya