Jumat, 30 Jul 2021
radarbanyuwangi
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Luncurkan Siprada agar Dewan Tetap Produktif di Masa Pandemi

22 Juli 2021, 12: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Luncurkan Siprada agar Dewan Tetap Produktif di Masa Pandemi

(Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Kabar gembira bagi masyarakat Banyuwangi. Warga kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini kini punya akses yang lebih luas untuk ikut berpartisipasi pada penyusunan maupun pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) yang akan diberlakukan di Bumi Blambangan.

Akses yang lebih luas itu terbuka seiring inovasi yang dilakukan Sekretariat DPRD Banyuwangi. Sekretariat dewan ”menelurkan” inovasi Sistem Informasi Pembentukan Peraturan Daerah (Siprada). Melalui aplikasi ini, semua raperda yang akan dibahas dewan akan diunggah ke situs resmi DPRD Banyuwangi, yakni dprd.banyuwangikab.go.id. Selanjutnya, masyarakat dapat memberikan tanggapan atau masukan terhadap rancangan produk hukum tertinggi daerah tersebut.

Sekretaris DPRD Banyuwangi Agus Siswanto mengatakan, inovasi Siprada terinspirasi dari kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal 2020 lalu. Di masa pandemi seperti saat ini, pertemuan-pertemuan dibatasi untuk mencegah penularan Covid-19. ”Dengan kondisi pandemi ini, kami mempunyai ide agar mekanisme perencanaan, penyusunan, pembahasan, dan pengesahan serta penyebarluasan raperda bisa dilakukan secara daring. Maka kami buatkan sistem, yakni Siprada,” ujarnya kemarin (14/7).

Baca juga: Kerahkan Water Cannon, Jalanan Kota Disemprot Disinfektan

Dikatakan, Siprada merupakan salah satu wujud fasilitasi Sekretariat DPRD kepada alat kelengkapan dewan (AKD). ”Khususnya Badan Pembentuk Peraturan Daerah (Bapemperda) untuk mengawal fungsi DPRD di bidang legislasi,” kata dia.

Dengan Siprada, imbuh Agus, diharapkan ada aspirasi dari masyarakat dalam proses pembahasan raperda. Sebab, di masa pandemi Covid-19, intensitas kegiatan public hearing dalam rangka pembahasan raperda turun siginifikan.

Lebih jauh Agus menuturkan, Siprada sudah mulai dimanfaatkan sejak beberapa waktu lalu. Termasuk dalam pembahasan beberapa raperda yang kini tengah dibahas. ”Di masa persidangan kedua tahun ini, kita juga akan membahas beberapa raperda. Dengan demikian, dewan tetap produktif di masa pandemi ini,” pungkasnya. (sgt/afi/c1)

(bw/sgt/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news