Jumat, 30 Jul 2021
radarbanyuwangi
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis

Kambing Lebih Diminati Ketimbang Sapi

22 Juli 2021, 07: 15: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

UNTUK SATU ORANG: Warga yang berkurban lebih banyak membeli kambing ketimbang sapi. Satu kambing untuk satu orang. Sedangkan sapi untuk tujuh orang.

UNTUK SATU ORANG: Warga yang berkurban lebih banyak membeli kambing ketimbang sapi. Satu kambing untuk satu orang. Sedangkan sapi untuk tujuh orang. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Memasuki bulan Dzulhijah atau bulan haji, pedagang musiman menjual hewan kurban berupa kambing mulai di Banyuwangi. Hampir di sepanjang jalan protokol mulai Rogojampi hingga Banyuwangi mudah ditemukan pedagang ternak kurban musiman.

Beberapa pedagang sudah menyiapkan kandang dan mencari lokasi strategis untuk memudahkan warga membeli hewan kurban. Beberapa pedagang mulai membangun kandang kambing akan dijual dalam memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha.

Para pedagang akan mencari lokasi strategis menjual hewan kurban dan biasanya di sudut-sudut jalan mudah terlihat dan lapangan kosong, agar banyak pembeli yang datang. “Alhamdulillah sudah ada pesan beberapa ekor kambing, meski saya baru berjualan dua hari ini,” ungkap Syaiful salah seorang pedagang asal Rogojampi.

Baca juga: Ketua Umum PBNU Ajak Warga Dekatkan Diri kepada Allah

Dia menyebutkan pembelinya sejauh ini masih stabil seperti tahun lalu. Sehingga masih berani  stok persediaan kambing kurban sama dengan jumlah kambing tahun lalu. “Alhamdulillah kalau permintaan sejauh ini masih lumayan normal,” cetusnya.

Jika tahun lalu dia menyiapkan stok 50 ekor kambing semua ludes terjual, tapi saat ini baru 30 kambing yang disiapakan di kandang lapak dagangannya dan baru beberapa ekor saja yang telah laku atau dipesan.

Meski pandemi Covid-19, dia masih optimistis permintaan kambing untuk kurban masih cukup tinggi. “ Biasanya baru ramai pembeli itu mendekati hari raya Idul Adha atau waktu penyembelihan,” katanya.

Sementara itu, Fauzi pedagang lainnya mengaku jika permintaan kambing lumayan tinggi dibanding sapi. Penjualan sapi terus menurun. Sapi  dia beli dari peternak masih belum laku sampai sekarang.  “Stok sapi di kandang ada 20 ekor masih belum laku semua,” jelasnya. 

Dari pantuan di lapangan, harga kambing saat ini berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 4 Juta. Sementara itu, harga sapi Rp 15 juta hingga Rp 30 juta. “Mahal atau tidaknya harga hewan kurban tergantung ukuran dan jenisnya, namun biasanya harga kambing dan sapi naik setiap menjelang hari H Idul Adha dibandingkan dengan hari-hari normal,” jelasnya

Para pedagang harus bersaing secara sehat untuk menjual hewan kurban, karena jumlah pedagang musiman di Banyuwangi makin bertebaran hingga menjelang Idul Adha. “Kalau saya tetap optimistis, karena rezeki sudah ada yang ngatur,” pungkasnya. (ddy/afi)

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news