Jumat, 30 Jul 2021
radarbanyuwangi
Home > Banyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Jamin Ketersedian Oksigen, PLN Pastikan Pasokan Listrik ke PT Samator

21 Juli 2021, 13: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Jamin Ketersedian Oksigen, PLN Pastikan Pasokan Listrik ke PT Samator

(PLN Banyuwangi for RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Di tengah lonjakan kasus Covid-19 terjadi belakangan ini, tabung oksigen menjadi salah satu kebutuhan krusial dalam penanganan bagi pasien yang terpapar Covid-19. Mencegah terjadinya kelangkaan tabung oksigen di tengah pandemi Covid- 19  hampir merata di seluruh wilayah Indonesia, pun menjadi perhatian bagi PT Perusahan Listrik Negara (Persero).

Kabupaten Banyuwangi, sebagai salah satu kabupaten  juga merasakan dampak lonjakan kasus Covid-19, berupaya untuk tetap menjaga ketersediaan tabung oksigen bagi masyarakat terpapar Covid-19. PLN UP3 Banyuwangi sebagai penyedia tenaga listrik Banyuwangi, berupaya memastikan keandalan pasokan listrik bagi Filling Station & Sub Buffer Distribusi Liquid Oxygen di Banyuwangi.

Pemasangan ATS (Automatic Transfer Switch) dilakukan dari dua sumber pasokan listrik PLN UP3 Banyuwangi pada Samator Banyuwangi (PT Samabayu Mandala)  berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kalipuro Banyuwangi.  Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik Samator Banyuwangi.

Baca juga: 14 Ruas Jalan Menuju Pusat Kota Banyuwangi Ditutup

 Dengan adanya ATS ini, dapat mencegah Samator Banyuwangi padam listrik apabila ada gangguan di salah satu sumber, di karena secara otomatis langsung di back up oleh sumber yang lain. Penerapan sistem ATS ini akan berlangsung hingga pada masa PPKM Darurat selesai, yakni sampai dengan tanggal 20 Juli 2021, dan akan diperpanjang pemakaiannya apabila memang mendesak dibutuhkan.

Kegiatan diawasi langsung  Manajer UP3 Banyuwangi, Manajer Bagian Jaringan UP3 Banyuwangi, Manajer ULP Banyuwangi Kota, beserta personel teknik PLN UP3 Banyuwangi. Diharapkan dapat menyusukseskan program pemerintah selama masa PPKM Darurat khususnya bagi pelanggan PLN berperan dalam hal supply oksigen ke Rumah Sakit Rujukan Covid supaya tidak mengalami kendala dalam proses pemenuhan kebutuhan tabung oksigen. 

Senada dengan hal tersebut, Kepala Cabang Samator Banyuwangi, Didik Iskandar menyampaikan, bahwa dengan adanya pemasangan ATS ini, Samator akan dapat beroperasi tanpa khawatir adanya padam listrik sehingga kegiatan pengisian tabung oksigen akan sangat maksimal. “Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN  secara langsung berinisiatif untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik terutama kepada Samator Banyuwangi  merupakan filling station dan juga sub buffer distribusi liquid oxygen (LOX) di bukan hanya Kabupaten Banyuwangi, namun juga di Situbondo dan Bali. Dengan adanya peningkatan permintaan oksigen secara drastis terutama bagi Rumah Sakit Rujukan Covid 19 di daerah-daerah tersebut, Samator dituntut untuk dapat bekerja ekstra sehingga dengan hadirnya listrik yang anti padam ini akan sangat membantu kami dalam memenuhi tuntutan tersebut,” ungkapnya.

Selain mengamankan keandalan pasokan listrik bagi industry oksigen, PLN juga memastikan keandalan listrik bagi seluruh Rumah Sakit Rujukan Covid 19 se Kabupaten Banyuwangi dengan meningkatkan jalur supply listrik ke rumah sakit–rumah sakit tersebut, dan aktif berkoordinasi dengan teknisi/penanggung jawab teknis yang ada di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 terkait  kendala teknis maupun apabila membutuhkan bantuan prihal listrik rumah sakit.

“PLN dengan seoptimal mungkin akan terus berkontribusi untuk mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan Covid-19 dengan memberikan pelayanan terbaik di masa pandemi dalam memastikan keandalan pasokan listrik khususnya bagi Rumah Sakit Rujukan Covid 19 dan supplier/distributor oksigen di Kabupaten Banyuwangi.  Kami pun menyadari betul betapa pentingnya kehadiran listrik untuk mendukung produktivitas masyarakat di masa pandemic ini, sehingga kami berkomitmen untuk terus mengamankan keandalan pasokan listrik dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” terang Krisantus H. Setyawan, Manager PLN UP3 Banyuwangi.(*/afi)

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news