Jumat, 30 Jul 2021
radarbanyuwangi
Home > Sports
icon featured
Sports

Pesilat Putri Nurul Hidayah Berganti Jenis Kelamin

21 Juli 2021, 11: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

RESMI BERGANTI KELAMIN: Nurul Hidayah sebelum (kiri) dan sesudah menjadi laki-laki. Pada 28 Juni lalu permohonan Nurul Hidayah untuk menjadi seorang laki-laki dikabulkan oleh Pengadilan Negeri Banyuwangi.

RESMI BERGANTI KELAMIN: Nurul Hidayah sebelum (kiri) dan sesudah menjadi laki-laki. Pada 28 Juni lalu permohonan Nurul Hidayah untuk menjadi seorang laki-laki dikabulkan oleh Pengadilan Negeri Banyuwangi. (IPSI BWI for RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id - Atlet silat putri Banyuwangi, Nurul Hidayah, dinyatakan sah menjadi seorang laki-laki. Kini, atlet yang pernah meraih medali perak di ajang Porprov Madiun itu resmi berganti nama menjadi Nur Hidayat.

Kisah yang dialami Nur Hidayat mirip dengan perjalanan panjang mantan atlet voli putri nasional Aprilia Manganang yang akhirnya mendapatkan status sebagai seorang laki-laki. Setelah bertahun-tahun berkiprah sebagai seorang perempuan, akhirnya pada 28 Juni lalu permohonan Nurul Hidayah dikabulkan Pengadilan Negeri  Banyuwangi untuk menjadi seorang laki-laki.

"Saya juga terkejut mendengar kabar ini, yang bersangkutan salah satu atlet putri andalan Banyuwangi,’’ ujar Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banyuwangi, Hidayaturrahman.

Baca juga: Berhenti Belajar Matematika Berbahaya bagi Perkembangan Otak

Pria yang akrab disapa Dayat itu mengetahui kabar tersebut dari laporan Ketua Kelatnas Indonesia Perisai Diri Pengkab Banyuwangi, Rendi Dwi Angga. Kebetulan Nurul Hidayah berada di bawah naungan perguruan Perisai Diri. Dari laporan tersebut diketahui jika Nurul sudah berjuang selama setahun terakhir untuk mendapatkan identitas dirinya.

Setelah dilakukan serangkaian tes medis, akhirnya dipastikan jika Nurul adalah seorang laki-laki. "Saya sudah pastikan dan ini bisa dipertanggungjawabkan, sekarang Nurul Hidayah sudah sah sebagai laki-laki di mata hukum," tegas Dayat.

Awalnya, dia dan beberapa wasit juri di IPSI Banyuwangi sempat curiga dengan jenis kelamin Nurul. Secara fisik lebih terlihat laki-laki daripada seorang perempuan. Bahkan, di Kejurkab IPSI, Nurul sempat diperiksa oleh salah satu juri perempuan untuk memastikan bahwa dia bukan laki-laki.

 Saat itu, tim yang membawa Nurul juga meyakinkan jika dia adalah perempuan. Perjalanan hidup Nurul sewaktu kecil cukup keras sehingga fisiknya mirip laki-laki. "Waktu di Kejurkab, kita sempat curiga. Akhirnya setelah diperiksa dia memang perempuan. Cuma saat itu hanya diperiksa bagian atasnya," jelas Dayat.

Selama menjadi atlet, Nurul cukup produktif menyumbangkan medali. Secara fisik, Nurul memang sangat prima. Untuk ukuran pesilat putri, tenaga Nurul bisa dibilang lebih mirip tenaga pesilat laki-laki. "Kalau dilihat tenaganya memang tenaga laki-laki. Tendangan dan pukulanya semua seperti laki-laki. Sekarang Nur Hidayat menjadi seorang guru dan pelatih silat," pungkasnya. (fre/aif)

(bw/fre/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news