Minggu, 19 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

MBB Genteng Masih Gelar Salat Jumat

20 Juli 2021, 18: 15: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

NORMAL: Warga beristirahat di teras Masjid Besar  Baiturrohman di Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng kemarin (8/9).

NORMAL: Warga beristirahat di teras Masjid Besar Baiturrohman di Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng kemarin (8/9). (Shulhan Hadi/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Di tengah pemberlakuan Penetapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Masjid Besar Baiturrohman (MBB) Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, akan tetap mengelar salat Jumat.

Sampai kemarin (8/7), takmir masjid belum pernah membahas peniadaan salat Jumat. Pada rapat Sabtu malam (3/7), juga tidak membahas masalah salat Jumat secara khusus. “Belum ada peniadaan salat Jumat,” terang humas MBB Genteng, Teguh Hariadi.

Dengan tidak ada keputusan dari takmir masjid terkait salat Jumat ini, terang dia, kemungkinan besar salat Jumat di MBB masih terus digelar. Rencananya, ketua takmir MBB, ustad Mukhdor Atim sendiri yang akan bertindak sebagai khotib. “Ketua akan jadi khotib, karena yang terjadwal berhalangan,” ungkapnya.

Baca juga: Minim Penumpang, KA Wijayakusuma Batal Berangkat

Kebijaka tetap menggelar salat Jumat ini, jelas dia, bukan berarti tidak mengikuti anjuran PPKM Darurat. Sejak awal pandemi, untuk pengambilan keputusan kegiatan ibadah, takmir mengacu kebiijakan takmir Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. “Kita ikut Masjid Agung,” jelasnya.

Dalam salat Jumat ini, jelas dia, pihaknya akan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Seperti jamaah harus mengenakan masker, cuci tangan, jaga jarak shaf, dan tidak salaman. “Yang jelas ada jaga jarak,” tegasnya.

Untuk jamaah yang tidak membawa masker, masih kata dia, selama ini takmir menyediakan secara gratis. Hanya saja, untuk kali ini persediaan itu sudah menipis. “Besok (hari ini) kayaknya tidak ada masker (dari takmir). Kalau dulu, masih ada bantuan dari kecamatan atau satgas,” terangnya.(sli/abi)

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya