Minggu, 26 Sep 2021
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi

Bangkit Melawan Covid, PCNU Banyuwangi Serukan Khataman Alquran

18 Juli 2021, 09: 43: 49 WIB | editor : Ali Sodiqin

KH Ali Makki Zaini, Ketua Tanfidiyah PCNU Banyuwangi

KH Ali Makki Zaini, Ketua Tanfidiyah PCNU Banyuwangi (Dedy Jumhardiyanto/RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – PCNU Banyuwangi menyerukan agar warga nahdliyin di Banyuwangi menggelar khataman Alquran. Kegiatan gerak batin itu dinilai akan memberikan aura positif dan membangkitkan semangat optimisme masyarakat di tengah pemberlakukan PPKM darurat.  “Kami telah menginstruksikan kepada badan otonom Nahdlatul Ulama (NU) dan ranting NU untuk menggelar khataman Alquran di masjid dan musala masing-masing,” ungkap Ketua PCNU Banyuwangi, Moh. Ali Makki Zaini.

Kegiatan khataman Alquran  tidak hanya dilakukan di masjid dan musala, melainkan di seluruh pondok pesantren di Banyuwangi. “Kami juga telah kirim surat instruksi ke pengasuh pondok pesantren untuk melakukan kegiatan serupa di lingkungan pesantren masing-masing secara serentak,” ujar lelaki yang akrab di sapa Gus Makki ini.

Langkah itu, kata Gus Makki merupakan ikhtiar untuk mendukung upaya yang dilakukan pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid 19 di Jawa-Bali. “Pemerintah telah berupaya dengan melakukan PPKM darurat, maka kita sebagai umat beragama mendukung lewat doa,” tegasnya.

Baca juga: Rawan Laka Lantas, Jalur Lintas Barat Rogojampi Perlu Tambahan Rambu

Dengan zikir dan khataman Alquran tersebut, lanjut Gus Makki, apa yang menjadi harapan pemerintah dalam menangani pandemi virus korona ini benar-benar berhasil. Di sisi lain, berdoa merupakan ikhtiar batin untuk memohon pertolongan Allah SWT agar bangsa Indonesia diberikan kekuatan, kesabaran dan keselamatan dalam menerima ujian, cobaan, musibah termasuk pandemi virus korona.

“Situasi ini menuntut kebersamaan untuk saling bahu membahu, saling menguatkan, saling mengingatkan satu dengan yang lain. Jika kita bisa mengikuti imbauan pemerintah, berusaha disertai dengan doa, maka InsyaAllah penularan covid-19 bisa segera berakhir,” pungkas pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Hidayah Parijatah Kulon, Kecamatan Srono ini. (ddy/aif)

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya