Rabu, 04 Aug 2021
radarbanyuwangi
Home > Situbondo
icon featured
Situbondo

Pendaftaran CPNS dan PPPK Diperkirakan Akhir Juni

17 Juni 2021, 04: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BELUM DIBUKA: Rapat persiapan penerimaan ASN di Malang Bulan Mei lalu.

BELUM DIBUKA: Rapat persiapan penerimaan ASN di Malang Bulan Mei lalu. (Echwan Dariawanto for RadarBanyuwangi.id)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Kemarin (14/06) sempat beredar jadwal tahapan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Mulai jadwal pengumuman, pendaftaran, dan waktu seleksi administrasi. Di jadwal tersebut dicantumkan, bahwa pendaftaran akan dibuka hari ini (15/06) sampai tanggal 06 Juli mendatang.

Tetapi, berdasarkan keterangan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Situbondo, pendaftaran ternyata masih belum dibuka. Sampai saat ini pemerintah belum menentukan jadwalnya.

Kasubbid Formasi dan Pengadaan Pegawai BKPSDM Situbondo, Echwan Dariawanto kepada RadarBanyuwangi.id menerangkan, kemungkinan pendaftaran dibuka pada akhir bulan ini. “Informasi terakhir perkiraan akhir Juni, tapi tanggalnya masih belum tahu,” jelasnya.

Baca juga: Tenda Kerucut Piramida, si Mungil yang Praktis

Dia juga tidak mengetahui dari mana sumber informasi yang beredar terkait jadwal tahapan perekrutan tersebut. Tetapi dia tidak menyebutkan bahwa itu berita hoax. Bisa saja tanggal yang tercantum merupakan perkiraan awal. “Misalnya pendaftaran dibuka antara 15 Juni sampai 06 Juli. Mungkin begitu maksudnya,” jelasnya.

Untuk pendaftaran, masih menunggu Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) tentang petunjuk teknis (juknis) dan passing grade. Jika regulasi ini sudah terbit, maka pedaftaran sudah bisa dibuka.

Beberapa regulasi lainnya sudah terbit. Di antaranya, Permenpan RB nomor 27 tahun 2021 tentang pengadaan pegawai negeri sipil dan Permenpan RB nomor 28 tahun 2021 tentang PPPK jabatan fungsional guru pada instansi daerah, serta peraturan tentang PPPK jabatan nonfungsional.

Echwan belum bisa memastikan kapan peraturan tentang passing grade dan juknis perekrutan CPNS dan PPPK terbit. Dia mengatakan, regulasi tersebut nantinya menjadi acuan daerah dalam melaksanakan semua tahapan perekrutan. “Panitia seleksi daerah apa saja tugasnya, diatur di situ,” pungkasnya. (bib)

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news