Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Tangkal Hama Tikus dengan Tyto Alba

11 Juni 2021, 23: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SENJATA ALAMI: Sebuah persawahan yang memiliki gupon burhan tyto Alba, di Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, kemarin (9/6)

SENJATA ALAMI: Sebuah persawahan yang memiliki gupon burhan tyto Alba, di Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, kemarin (9/6) (SHULHAN HADI/RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Merebaknya serangan hama tikus di persawahan daerah Kecamatan Bangorejo, tidak membuat petani di daerah lain panik. Terutama yang mengembangkan budidaya burung hantu (burhan) Tyto Alba.

Para petani di Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, sudah lama mengembangkan burung hantu di persawahan dengan memasang gupon. “Burung hantu itu pemakan tikus,” terang M. Zuhdi, 35, salah satu petani dari Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran.

Menurut Zuhdi, serangan tikus yang terjadi di persawahan Kecamatan Bangorejo, itu tidak bisa menular ke daerah lain, apalagi yang lokasinya berjauhan. “Tikus menyebar di sekitarnya, pindah ke daerah lain ya tidak bisa,” kata Zuhdi kepada RadarBanyuwangi.id.

Baca juga: Lima Titik Jalur KA Rawan Longsor

Hanya saja, jelas dia, serangan tikus bisa terjadi di mana saja. Pihaknya sudah tidak ada masalah karena memiliki predator alami tikus, yakni burung hantu (burhan) Tyto Alba. “Kami yakin saja, burhan bisa mencegah datangnya tikus,” jelasnya.

Sejak persawahan di pasang gupon untuk burung hantu,  jelas dia, petani merasakan tikus-tikus yang berkeliaran berkurang drastis. Budidaya burung hantu itu, sudah berlangsung lebih dari lima tahun. “Sekarang ini guponnya semakin banyak, tikusnya pasti berkurang,” terangnya.

Petani lainnya M. Ikhwan, 38, warga Desa Wringinrejo menyatakan keberadaan Tyto Alba ini dianggap sangat berguna. Bahkan, mereka tidak hanya melestarikan, tapi juga melarang perburuan burung. “Selama ada burung hantu, kecil kemungkinan hama tikus muncul,” katanya.(sli/abi)

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news