Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Lima Titik Jalur KA Rawan Longsor

11 Juni 2021, 21: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

MELAJU: KA melintasi rel di Stasiun Kalisetail Desa/Kecamatan Sempu, kemarin (9/6).

MELAJU: KA melintasi rel di Stasiun Kalisetail Desa/Kecamatan Sempu, kemarin (9/6). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Share this          

RadarBanyuwangi.id– Meski memasuki musim kemarau, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mewaspadai titik rawan banjir dan longsor, khususnya di wilayah perlintasan Banyuwangi selatan. Setidakn ya ada lima titik jalur kereta api (KA) yang rawan longsor sepanjang Stasiun Jember hingga Stasiun Karangasem (Banyuwangi Baru).

Manager Humas Daop 9 Jember, Raditya Mahardika mengatakan untuk keselamatan penumpang KA melakukan penjagaan di lima titik rawan banjir dan longsor. Sepanjang jalur rel KAI antara Kebupaten Jember dan Banyuwangi, ada lima titik rawan. “Empat dari lima titik daerah rawan longsor dan banjir itu masuk wilayah Kabupaten Banyuwangi,” ujarnya.

Daerah titik rawan banjir dan longsor itu, terang dia, KM 196+828 Stasiun Mangli, Jember (Jr);  KM 41+647 Stasiun Kalibaru, KM 44+100 Stasiun Kalibaru, Glenmore; KM 65+806 Stasiun Temuguruh, Singojuruh; KM 71+525 Stasiun Rogojampi, dan KM 0+640 Stasiun Karangasem. “Tapi sampai saat ini masih aman,” terang Raditya kepada RadarBanyuwangi.id.

Baca juga: Hilang Potensi Keuntungan Souvenir Haji

Akibat hujan yang terjadi di daerah Kabupaten Banyuwangi, terang dia, hanya KM 8+9 petak Jalan Argopura - Banyuwangi Kota saja yang terendam banjir sedalam lima centimeter di atas cop rel. “Atas kejadian itu KA Wijaya Kusuma sempat berhenti sekitar 20 hingga 25 menit,” katanya.

Sepur itu kembali berjalan setelah rel dipastikan aman untuk dilintasi. Atas kejadian itu, tidak menyebabkan perubahan jadwal KA Daop 9 Jember. “Petugas melakukan penjagaan di lima titik rawan longsor itu untuk memastikan rel aman dari bencana longsor maupun banjir,” cetusnya.(kri/abi)

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news