Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

PPDB Jalur Prestasi Kurang Peminat

11 Juni 2021, 20: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

ANTRE: Para peserta PPDB harus rela antre untuk daftar ulang di SMPN 1 Genteng pada jalur prestasi, kemarin (9/6).

ANTRE: Para peserta PPDB harus rela antre untuk daftar ulang di SMPN 1 Genteng pada jalur prestasi, kemarin (9/6). (SHULHAN HADI/RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Daftar ulang untuk jalur prestasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP, dilaksanakan kemarin (9/6). Sejumlah peserta PPDB dengan didampingi orang tuanya, sejak pagi sudah memenuhi sekolah untuk melengkapi administrasi.

Mereka itu harus rela antre di sekolah untuk mendapat giliran. Antrean seperti itu terlihat di SMPN 1 Genteng dan SMPN 3 Genteng. “Saya datang sejak pagi, ini mengantar adik dan saudara,” terang Nanda Arif, 24, warga Desa/Kecamatan Sempu.

Dari pantauan RadarBanyuwangi.id, di SMPN 1 Genteng dalam PPDB tahun ini pagunya 288 siswa. Untuk jalur prestasi yang diterima 30 persen atau 86 siswa. “Hari ini daftar ulang jalur prestasi,” terang Kepala SMPN 1 Genteng, M Sodiq.

Baca juga: Gunung Raung Keluarkan Asap Putih

Dalam jalur prestasi ini, terang Sodiq, terdiri rerata rapor, prestasi akademik, dam prestasi nonakademik. Untuk rerata rapor pagunya 58 siswa, prestasi akademik 14 siswa, dan prestasi nonakademik 14 siswa. “Pagu yang telah ditetapkan itu ada yang tidak terpenuhi,” terangnya.

Menurut Sodiq, pagu yang tidak terpenuhi itu pada prestasi akademik. Dari 14 kursi yang disediakan, ternyata yang mendaftar hanya 11 siswa. Untuk jalur prestasi nonakademik, pendaftar yang memenuhi persyaratan 22 peserta, dan jalur prestasi rerata rapor yang disediakan 58 kursi terisi semua. “Untuk jalur akademik ada dua kursi yang tidak terisi, sedang jalur nonakademik kelebihan pendaftar dan terpaksa harus ditolak,” ungkapnya.

Pendaftar yang tidak memenuhi pagu dan kelebihan pendaftar itu, terang dia, sudah biasa dalam PPDB. “Pendaftar jalur akademik yang kurang ini terjadi karena takut kalah dalam persaingan dan memilih jalur lain,” katanya.

Untuk sisa kursi jalur akademik yang kosong itu, jelas dia, nanti akan ditambahkan pada jalur atau tahapan berikutnya. Sehingga, pagu dalam PPDB ini totalnya tetap sama. “Dalam PPDB itu ada jalur prestasi, afirmasi, dan zonasi. Kekurangan pendaftar di jalur prestasi akan ditambahkan ke jalur afirmasi,” ungkapnya.

Kekurangan pendaftar jalur prestasi ini, ternyata juga terjadi di SMPN 3 Genteng. Di sekolah yang berada di Dusun Jalen, Desa Setail, Kecamatan Genteng itu, kuota untuk jalur prestasi akademik dan nonakademik tidak terpenuhi. Dari 10 kursi yang disiapkan untuk jalur prestasi akademik, yang terisi hanya enam kursi. Sedang jalur prestasi nonakademik yang disediakan 10 kursi, yang mendaftar hanya tiga siswa. “Jalur prestasi ini ada 11 kursi yang kosong, pendaftarnya kurang,” cetus kepala SMPN 3 Genteng, Subandi.

Dari 11 kursi yang kosong di jalur prestasi itu, jelas dia, akan ditambahkan melalui jalur afirmasi dan zonasi. Untuk jalur afirmasi, pendaftarannya akan dimulai hari ini. “Saya prediksi pendaftar di jalur afirmasi ini akan ramai, karena persyaratannya mudah,” katanya. “Jalur afirmasi ini meliputi pindah sekolah, atau kartu Indonesia pintar,” ungkapnya.(sli/abi)

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news