Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Gunung Raung Keluarkan Asap Putih

11 Juni 2021, 17: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

PUTIH PEKAT: Gunung Raung terlihat mengeluarkan asap dari puncak kawah setinggi 200 meter, kemarin (9/6).

PUTIH PEKAT: Gunung Raung terlihat mengeluarkan asap dari puncak kawah setinggi 200 meter, kemarin (9/6). (PPGA RAUNG FOR JPRG)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Kepulan asap berwarna putih tebal, terlihat keluar di atas puncak Gunung Raung, pagi kemarin (9/6). Asap yang mengepul setinggi 100 hingga 200 meter dari puncak gunung itu, tidak berdampak hujan abu.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung, Burhan Aletea mengatakan, sejak April 2021 kepulan asap tercatat mencapai ketinggian 75 meter hingga 300 meter di atas puncak gunung. Setelah itu, aktivitas kepulan asap mereda dan kembali mengepul kemarin (9/6). “Hampir dua bulan kepulan asap Gunung Raung itu tidak terpantau,” ujarnya.

Dari pantauan petugas, terang Burhan, kepulan asap berwarna putih tebal akibat erupsi Gunung Raung itu setinggi 100 meter hingga 200 meter di atas puncak gunung. “Hanya kepulan asap saja, kegempaan dan hujan abu vulkanik tidak ada,” kata Burhan kepada RadarBanyuwangi.id.

Baca juga: Kunjungi Vaksinasi Serviam, Ingatkan Masyarakat Tetap Patuh Prokes

Visual gunung berapi setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terlihat jelas, Asap kawah bertekanan lemah, teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi. Sedangkan kepulan asap itu mengarah ke utara. Kegempaan tektonik jauh dengan jumlah lima amplitudo 5-32 mm, S-P: 18-38 detik dengan durasi  84-224 detik. “Tidak terdeteksi suara gemuruh maupun kilatan api di atas puncak kawah,” terangnya.

Burhan menyebut sampai saat ini status Gunung Raung masih level II waspada. Pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat dan pengunjung agar tidak beraktivitas dalam radius dua kilometer dari pusat erupsi kawah Gunung Raung.(kri/abi)

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news