Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Sedia Jerami Sepanjang Tahun

11 Juni 2021, 08: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SETIA: Juhairiyah bersama suaminya melakukan penjemuran jerami di dekat rumahnya, kemarin (8/6).

SETIA: Juhairiyah bersama suaminya melakukan penjemuran jerami di dekat rumahnya, kemarin (8/6). (SHULHAN HADI/RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id - Tumpukan jerami menjadi pemandangan khas di jalan raya Jember, Dusun Wadugkamidin, Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore. Itu barang dagangan yang banyak diperlukan untuk ekspedisi buah dan keperluan pengangkutan hewan ternak.

Salah satu penyedia jerami, Juhairiyah, 53, asal Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore mengatakan jerami yang dijemur di kanan dan kiri jalan itu baru didapatkan dari sawah atau pabrik penyelepan gabah. Biasanya, setelah jerami kering, akan diikat menjadi kotak. “Harga setiap ikatnya Rp. 6000,” katanya.

Perempuan yang bekerja  bersama Sukaedi, 56, suaminya itu, ada yang memasok, seperti pabrik. Selain itu, mereka kumpulkan dari sawah yang panen. “Kalau dari pabrik, satu truk itu Rp. 30 ribu, kalau di sawah, Rp. 2000 per ikat,” jelasnya.

Baca juga: Kambing Warga Diserang Anjing Kampung Liar

Setelah jerami dikeringkan, bisa mendapatkan 14 ikatan. Sehingga, dari Rp. 30 ribu bisa menjadi Rp. 84 ribu. Selain hasil dari jerami, terkadang masih bisa mendapat keuntungan tambahan. “Jerami yang berasal dari pabrik, masih mengandung ceceran gabah,” katanya.

Makanya, dalam proses penjemuran untuk dikeringkan itu juga untuk memilah gabah dan jerami. Jika sedang beruntung, dia kadang bisa mengumpulkan gabah hingga 50 kilogram. “Setelah jadi beras kita masak, tidak dijual,” jelasnya.

Pelanggan jerami itu angkutan ekspedisi yang membawa buah seperti semangka. Di samping itu, menjelang hari pasar hewan, para pedagang hewan membeli jerami untuk alas truk sapi. “Kadang belinya siang, kadang malam, tergantung datangnya kapan,” terangnya. (sli/abi)

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news