Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Bersih-bersih Sampah di Bawah Jembatan Gladak

10 Juni 2021, 05: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

GOTONG ROYONG: Warga membersihkan sampah di bawah Jembatan Gladak, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru, kemarin (7/6).

GOTONG ROYONG: Warga membersihkan sampah di bawah Jembatan Gladak, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru, kemarin (7/6). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Share this          

RadarBanyuwangi.id - Puluhan warga gotong royong membersihkan tumpukan sampah di bawah Jembatan Gladak, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru, kemarin (7/6). Di tempat itu, banyak sampah jenis plastik yang menumpuk. Sampah itu telah mencemari lingkungan dengan menimbulkan bau busuk.

Sampah yang menumpuk di bawah jembatan itu, hampir semua sampah rumah tangga. Warga banyak yang membuang sampahnya dengan cara melempar. “Sampah telah menganggu lingkungan,” terang Kepala Desa Kalibaru Manis, Andrian Bayu Donata kepada RadarBanyuwangi.id.

Sampah yang banyak di bawah jembatan itu, terang dia, sebagian besar sampah rumah tangga. Selama ini, warga sudah terbiasa membuang sampah ke sungai. “Jembatan menjadi kotor karena penuh dengan sampah,” katanya.

Baca juga: Partai Nasdem Canangkan Kemenangan Pemilu 2024

Kerja bakti dengan bersih-bersih sampah itu, jelas dia, tidak hanya memperlancar aliran sungai. Tetapi juga memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran warga agar tidak membuang sampah ke sungai. Tebing sungai, juga rawan tergerus sehingga berpotensi longsor karena ada pembelokan aliran air. “Sungai harus dijaga agar selalu bersih dari sampah,” katanya.

Andrian berharap masyarakat sadar dan tidak membiasakan diri membuang sampah di sungai. Selain mencemari lingkungan, bahaya lain membuang sampah di sungai itu banjir. “Saya berharap masyarakat sadar pentingnya membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.(kri/abi)

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news