Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Tips & Trik
icon featured
Tips & Trik

RSU Bhakti Husada Tingkatkan Sosialisasi Cuci Tangan

09 Juni 2021, 15: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

RUSTIDA: Petugas medis RSU Bhakti Husada Krikilan sosialisasi cuci tangan pada keluarga pasien.

RUSTIDA: Petugas medis RSU Bhakti Husada Krikilan sosialisasi cuci tangan pada keluarga pasien. (RUSTIDA FOR RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – RSU Bhakti Husada, Krikilan, Kecamatan Glenmore, terus meningkatkan upaya pencegahan penularan virus korona. Yang kini tengah digencarkan, sosialisasi cuci tangan yang benar pada keluarga pasien. Hal tersebut untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Rumah sakit bisa menjadi ruang penularan Covid-19 karena terjadi mobilitas yang tinggi dan menjadi tempat pertemuan banyak orang. Agar virus korona tak masuk ke lingkungan rumah sakit, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan. Hal ini harus dilakukan bersama antara manajemen rumah sakit dan seluruh karyawan. ”RSU Bhakti Husada selalu mengantisipasi munculnya virus korona,” ujar Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RSU Bhakti Husada dr Prasetia Aji Ramadhan   

Salah satu cara untuk mencegah munculnya virus korona ini, terang Prasetia, yakni dengan menyosialisasikan gerakan mencuci tangan yang benar sesuai ketentuan WHO kepada keluarga pasien. ”Menurut WHO, tangan menjadi salah satu media penularan virus karena bersentuhan dengan benda-benda lain,” katanya seraya menyebut tangan terbiasa menyentuh mulut, hidung, dan mata sehingga mikroorganisme bisa masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Pandemi Kapan Berakhir?

Menurut Prasetia, ada enam langkah cuci tangan sesuai dengan ketentuan WHO. Mencuci tangan sebaiknya dilakukan dengan sabun selama 20 detik di bawah air mengalir. Jika tidak ada air, bisa membersihkan tangan dengan menggunakan handrub yang memiliki kandungan 60 persen alkohol.

Jika di sekitar lingkungan tempat kerja atau di lingkungan rumah Anda ada tanda-tanda atau gejala demam mendadak, nyeri otot, dan batuk kering, sebagian kecil dari mereka mungkin mengalami diare atau mual selama satu atau dua hari sebelumnya, mungkin mengalami kesulitan bernapas, mungkin baru pulang dari luar kota maupun luar negeri, segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat. Atau bisa menghubungi IGD RSU Bhakti Husada, Krikilan, telepon (0333) 821118. (abi/c1)

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news