Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Info Rumah Sakit
icon featured
Info Rumah Sakit

RSAH Tambah Dokter Spesialis Radiologi

09 Juni 2021, 14: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SPESIALIS: Dokter Ida Ayu N dan dokter Satinta Febrianti akan mendukung pelayanan radiologi RSAH seminggu penuh.

SPESIALIS: Dokter Ida Ayu N dan dokter Satinta Febrianti akan mendukung pelayanan radiologi RSAH seminggu penuh. (RSAH FOR RABA)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Rumah Sakit Al Huda (RSAH) terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dengan meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan. Salah satunya dengan menghadirkan dokter spesialis radiologi baru, yaitu dokter Satinta Febrianti SpRad yang praktik bersama seniornya, dokter Ida Ayu N. SpRad.

Manajer Pelayanan Medis RSAH dokter Suryadinata mengatakan, dengan bertambahnya tenaga dokter spesialis radiologi, maka layanan spesialis radiologi di RSAH akan buka satu minggu full. Pelayanan radiologi siap selama hari kerja mulai Senin sampai Sabtu. ”Dengan demikian diharapkan akan lebih banyak lagi masyarakat yang terbantu. Utamanya bagi mereka yang memerlukan pelayanan spesialis radiologi seperti pemeriksaan ultrasonografi (USG), pemeriksaan foto X-Ray, dan CT-scan,” ujarnya.

Secara terpisah, dokter Satinta Febrianti SpRad menjelaskan, pemeriksaan USG dapat menggambarkan organ dan sistem dalam tubuh yang tidak dapat diraba dan dilihat oleh mata secara langsung. Seperti kelainan pada organ di dalam rongga perut, tumor kandungan, usus buntu, batu empedu, batu ginjal, prostat, dan lain-lain. Juga organ di luar perut seperti, gondok, tumor payudara, atau pun benjolan di luar tubuh yang lain.  ”Pasien di-USG langsung tanpa persiapan, hasil pemeriksaan cepat keluar, serta tidak menyakitkan. Untuk hasil yang maksimal, idealnya pada pemeriksaan organ perut, sebaiknya pasien puasa enam jam sebelum dilakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Baca juga: BI Puji Strategi Pemkab Pulihkan Ekonomi UMKM

Satinta menambahkan, pemeriksaan foto rontgen (X-Ray) adalah teknik pencitraan medis yang menggunakan radiasi elektromagnetik untuk mengambil gambar atau foto bagian dalam tubuh. Prioritas utama X-Ray digunakan untuk melihat tulang dan sendi. Namun demikian, X-Ray terkadang juga dipakai untuk mendeteksi masalah pada jaringan lunak seperti organ internal. Yaitu pada paru-paru, jantung, hingga saluran kemih dan pencernaan. ”Bahkan, pemeriksaan X-Ray bisa dilakukan untuk memindai benda padat yang tidak sengaja tertelan,” tuturnya.

Masyarakat yang butuh pelayanan spesialis radiologi bisa datang ke RSAH yang praktik setiap Senin sampai Sabtu. Sedangkan Instalasi Radiologi buka 24 jam setiap hari. (*/bay/c1)

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news