Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

BI Puji Strategi Pemkab Pulihkan Ekonomi UMKM

09 Juni 2021, 13: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BANGKITKAN UMKM: Kepala BI Jember Hestu Wibowo mendampingi Bupati Ipuk berbelanja ke pasar tradisional di Kecamatan Kalibaru Minggu lalu (6/6).

BANGKITKAN UMKM: Kepala BI Jember Hestu Wibowo mendampingi Bupati Ipuk berbelanja ke pasar tradisional di Kecamatan Kalibaru Minggu lalu (6/6). (TRI FOR RABA)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Bank Indonesia (BI) mengapresiasi berbagai strategi dan upaya Pemkab Banyuwangi dalam memulihkan ekonomi di Bumi Blambangan. Terutama pemulihan ekonomi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember Hestu Wibowo mengatakan, pemerintah daerah harus berinovasi mengarahkan pemulihan perekonomian. Dia menuturkan, pemerintah daerah tidak bisa hanya mengandalkan bantuan sosial saja mengingat kemampuan anggaran pemerintah juga terbatas.

Hestu menilai, sejumlah program yang digulirkan Pemkab Banyuwangi melengkapi program nasional yang telah ada. Yakni dengan mendorong perekonomian sektor mikro berjalan. ”Apa yang dilakukan Pemkab Banyuwangi ini menumbuhkan optimisme bahwa ekonomi bisa segera pulih,” ujarnya.

Baca juga: Andalkan Program Pelangi, Sudah Tuntaskan 27 Ribu Dokumen Kependudukan

Salah satu program yang dapat merangsang optimisme para pelaku usaha mikro itu adalah Hari Belanja ke Pasar Tradisional dan UMKM yang digagas Bupati Ipuk Fiestiandani. ”Saya sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemkab Banyuwangi. Program ini sejalan dengan program pemulihan ekonomi nasional,” kata Hestu Wibowo yang ikut turun langsung melihat gerakan Hari Belanja ke Pasar Rakyat dan UMKM di Pasar Kalibaru, Kecamatan Kalibaru, Minggu (6/6). 

Hari Belanja ke Pasar dan UMKM adalah kebijakan Bupati Ipuk untuk membantu pemulihan ekonomi lokal. Gerakan ini diikuti ribuan aparatur sipil negara (ASN), pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), swasta, dan berbagai komunitas. Di setiap bulan ”tanggal cantik”, seperti tanggal 6 bulan 6 alias 6 Juni, ribuan orang berbelanja ke pasar dan gerai UMKM. Sebelumnya, gerakan serupa digelar 4 April (4/4) dan 5 Mei (5/5).

Kepada RadarBanyuwangi.id Hestu mengatakan, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor formal, tetapi juga sektor informal. Contohnya para pelaku UMKM yang mengalami penurunan omzet penjualan dampak pandemi.

Karena itu, imbuh Hestu, manfaat program Belanja ke Pasar dan UMKM itu bisa dirasakan langsung oleh para pelaku UMKM. ”Ayo jangan hanya belanja di pasar modern. Tapi juga belanja di pasar tradisional dan UMKM, karena omzet mereka juga turun karena pandemi, sehingga perekonomian mereka juga bisa segera pulih,” kata dia. 

Hestu juga mengapresiasi berbagai program pemulihan ekonomi lainnya seperti UMKM Naik Kelas, Warung Naik Kelas, bantuan alat usaha, ongkos kirim (ongkir) gratis UMKM ke seluruh Indonesia, dan lainnya.

Hestu menambahkan, pemulihan ekonomi juga harus memperhatikan protokol kesehatan, seperti misalnya pembayaran nontunai yang meminimalisasi kontak langsung. ”BI mengampanyekan penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang juga sudah dicontohkan oleh Bupati Banyuwangi Ibu Ipuk dengan berbelanja ke pasar dengan sistem nontunai. Berbelanja menggunakan QR Code sehingga pedagang dan pembeli mengurangi kontak fisik. Selain itu juga praktis dan menghindari dari peredaran uang palsu,” bebernya.

Inovasi di bidang pertanian juga mendapat apresiasi dari Hestu. Yang terbaru adalah program Jagoan Tani untuk anak-anak muda agar berkiprah di bidang pertanian, dan Gerai Hastani (Gerai Indah Hasil Pertanian) yang memasarkan hasil pertanian. ”Perekonomian Banyuwangi ditopang kuat oleh sektor pertanian. Di catatan kami, saat pandemi melanda Indonesia, ekonomi Banyuwangi baru terdampak pada triwulan tiga (2020) karena ditopang pertanian. Dengan memperkuat program-program sektor pertanian, saya optimistis ekonomi Banyuwangi bisa segera pulih,” pungkasnya. (sgt/afi/c1)

(bw/sgt/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news