Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Selamatan di Sawah untuk Cegah Hama

08 Juni 2021, 13: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BERHARAP: Puluhan petani menggelar selamatan di persawahan Desa/Kecematan Bangorejo, kemarin (6/6).

BERHARAP: Puluhan petani menggelar selamatan di persawahan Desa/Kecematan Bangorejo, kemarin (6/6). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Share this          

RadarBanyuwangi.id - Puluhan warga Desa/Kecamatan Bangorejo menggelar selamatan di sawah, kemarin (6/6). Ritual itu digelar untuk mencegah serangan wereng dan tikus yang sering menyerang tanamannya.

Kepala Desa Bangorejo, Suyadi mengatakan ada sekitar 50 petani ikut selamatan di sawah. Dalam ritual ini, setiap petani membawa nasi tumpeng. Mereka doa bersama agar tanamannya terbebas dari hama wereng dan tikus. “Itu bentuk puji syukur para petani dan tolak balak,” katanya.

Doa bersama dan selamatan itu, terang dia, dilakukan para petani di desanya karena tanaman padinya pernah diserang wereng dan tikus. Dan itu, membuat hasil pertanian menurun drastis. “Agar penen musim depan baik dan tidak diserang hama, petani menggelar selamatan,” ungkap Suyadi kepada RadarBanyuwangi.id.

Baca juga: Perketat Prokes, Beri Cashback Rp 500 Ribu per Siswa

Salah satu petani, Sunaryo, 55, asal Dusun Bango Sere, Desa/Kecamatan Bangorejo, mengaku khawatir adanya serangan tikus yang kini menerjang di desa tetangga. Tikus menghabiskan tanaman jagung milik petani hanya dalam waktu satu malam. “Selain upaya pencegahan hama, kami juga doa bersama. Semoga hama tikus tidak menyerang tanaman kami dan panen melimpah,” harapnya.(kri/abi)

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news