Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi

Permasalahan Data Jarak Siswa dan Sekolah Harus Diantisipasi

06 Juni 2021, 06: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

M. Sodiq, Kepala SMPN 1 Genteng

M. Sodiq, Kepala SMPN 1 Genteng (SHULHAN HADI/RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Munculnya masalah dalam Pendafataran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA jalur zonasi, menjadi perhatian panitia PPDB tingkat SMP. Terutama masalah jarak jarak sekolah dan rumah peserta PPDB.

Kepala SMPN 1 Genteng, M. Sodiq mengatakan terkait isian data peserta, panitia di SMP itu hanya memasukkan data yang peserta PPDB. Sedang pengisian lokasi jarak pada peta digital, dilakukan operator sekolah asal. “Itu bukan panitia PPDB yang buat, tapi operator sekolahnya dulu yang buat,” katanya kepada RadarBanyuwangi.id.

Dan itu, terang dia, tidak menutup kemungkinan akan terjadi dalam PPDB tingkat SMP. Menurutnya, jika itu maka data yang akan dijadikan acuan data di lapangan yang lebih aktual. “Kasus itu bisa saja muncul, nanti kita lihat ulang,” ujarnya.

Baca juga: Ibadah Haji 2021 Ditiadakan, CJH Diminta Bersabar

Sodiq mengaku akan menyikapi kondisi ini secara berimbang. Panitia akan memfasilitasi kesalahan data terkait kelebihan pengukuran. Dan itu juga akan dilakukan bila panitia menemui data zonasi lebih dekat dari kondisi riil di lapangan. “Kalau jaraknya menjadi jauh, biasanya akan ramai. Tapi kalau jauh jadi dekat, biasanya diam saja,” jelasnya.

Untuk itu, Sodiq berharap para orang tua peserta PPDB bisa berlaku proaktif dalam mendaftarkan anaknya. Mengenai potensi kecurangan data, panitia juga tidak bisa sepenuhnya bekerja sendiri, tanpa adanya masukan informasi dari pihak yang berkepentingan. “Kalau data-data palsu, biasanya cepat diketahui jika ada yang lapor,” terangnya.

Gagasannya mengenai penyelesaian jarak itu, nantinya tetap disesuaikan dengan petunjuk dan ketentuan dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi. “Kalau dari saya begitu, tapi ikut petunjuk dinas,” terangnya.(sli/abi)

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news