Sabtu, 24 Jul 2021
radarbanyuwangi
Home > Situbondo
icon featured
Situbondo

Empat Guru SDN 2 Tanjung Kamal Tetap Mutasi

03 Juni 2021, 15: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SAMPAIKAN KELUHAN: Sejumlah wali murid SDN 2 Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran mendatangi Kantor Dispendikbud kemarin

SAMPAIKAN KELUHAN: Sejumlah wali murid SDN 2 Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran mendatangi Kantor Dispendikbud kemarin (HENDRA for JPRS)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Empat guru SDN 2 Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran tetap dimutasi. Pemindahan keempat tenaga pengajar tersebut sebelumnya ditolak sejumlah wali murid. Bahkan, orang tua siswa itu sempat mendatangi kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Situbondo untuk menyampaikan penolakannya.

Perlu diketahui, SDN 2 Tanjung Kamal saat ini dimerger dengan SDN 4 Tanjung Kamal. Informasi dari beberapa sumber, guru di SDN 4 tidak ada yang dipindah. Hanya SDN 2 yang terkena mutasi. Inilah yang memicu penolakan orang tua siswa. 

Sekretaris Disendikbud, Ahmad Nurhidayat mengatakan, pihaknya bukan tidak menggubris permintaan para wali murid. Akan tetapi itu merupakan keputusan terbaik. “Ini sudah jalan tengah,” terangnya kepada RadarBanyuwangi.id.

Baca juga: Melawan Arus, Pengendara Vario Meninggal Tertabrak APV

Dia menambahkan, keempat guru tersebut sudah mendapatkan SK mutasi dari bupati. Secara regulasi, jika SK sudah terbit, maka harus dijalani. “SK bupati produk hukum yang harus diamankan,” jelasnya.

Jika tidak dijalani, berdampak terhadap sertifikasi mereka. Guru tersebut tidak akan mendapatkan tunjangan sertifikasi kalau masih mengajar di sekolah lama. “Ketika tidak dipindah padahal SK mutasi sudah keluar, maka tidak akan menerima sertifikasi karena SK masuk dapodik (data pokok pendidikan),” kata Nurhidayat.

Setelah menjalani tugas di tempat mutasi, guru tersebut baru boleh balik lagi ke sekolah lama. Ketentuannya, harus mengajar di tempat tugas baru setidaknya enam bulan. “Kalau dalam perjalanan mau pindah lagi, silahkan. Yang penting, SK mutasi dijalankan dulu,” tambah.

Saat disinggung alasan memutasi empat guru tersebut, Nurhidayat mengaku, sudah dipelajari pengawas. Keempatnya dinilai kompeten. “Sehingga dianggap bisa meningkatkan pendidikan di tempat barunya,” pungkas Nurhidayat.

Sementara itu, sejumlah wali murid SDN 2 Tanjung Kamal kembali mendatangi Kantor Dispendikbud kemarin. Yunita, salah satu orang tua siswa menerangkan, pihaknya tetap dengan tuntutan awal. “Meminta agar guru yang dimutasi tetap mengajar di SDN 2,” katanya. (bib)

(bw/bib/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news