Kamis, 17 Jun 2021
radarbanyuwangi
Home > Banyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Bus Berstiker Khusus Tetap Diperiksa

06 Mei 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

MENUJU BALI: Deretan kendaraan travel berjalan pelan menuju kapal di dermaga ASDP Ketapang kemarin.

MENUJU BALI: Deretan kendaraan travel berjalan pelan menuju kapal di dermaga ASDP Ketapang kemarin. (RAMADA KUSUMA/RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Selain kendaraan logistik dan perjalanan dinas, beberapa bus masih akan tetap diperbolehkan  melintas saat pengetatan larangan mudik yang dimulai besok (6/5). Dengan catatan bus tersebut memiliki stiker khusus dari Kementerian Perhubungan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Dwi Yanto mengatakan, ada diskresi bagi kendaraan jenis bus sehingga tetap bisa melintas saat penyekatan mudik berlangsung. Dengan catatan bus tersebut memiliki stiker khusus yang diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan. Untuk mendapatkan stiker bisa mengajukan permohonan langsung kepada Dirjen Perhubungan Darat.

”Tentu saja bus yang mendapat stiker nonmudik harus membawa penumpang yang sesuai SE Satgas Nomor 13/2021 dan PM nomor 13/2021,” jelas Dwi Yanto.

Baca juga: Oknum KPLP Jember Tipu Anggota DPRD Rp 300 Juta

Rata-rata bus yang bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan stiker adalah bus antar kota antar provinsi (AKAP). Sedangkan bus yang melayani kota di dalam provinsi tetap tidak diperbolehkan untuk beroperasi membawa penumpang.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan itu menambahkan, diskresi untuk bus tersebut dilakukan agar aktivitas ekonomi terus bergerak. Selain logistik, ada beberapa aktivitas orang yang juga mendukung jalanya ekonomi. Seperti pegawai kantor yang tetap beraktivitas selama masa pelarangan mudik.

Selain itu, bus berstiker khusus itu juga digunakan untuk mengakomodasi mereka yang harus bepergian karena sakit atau kunjungan duka. Jika semua transportasi tidak bisa diakses, tentu saja hal itu tidak akan berjalan. ”Setelah mendapat stiker, skrining penumpang tetap ada di pihak PO,” kata Dwi. (fre/aif/c1)

(bw/fre/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news