Kamis, 06 May 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Permintaan Lele Konsumsi Terus Meningkat

01 Mei 2021, 16: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

MENUNGGU: Mukit di antara kolam-kolam tabung benih lele miliknya di Dusun Jenisari, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, kemarin (28)

MENUNGGU: Mukit di antara kolam-kolam tabung benih lele miliknya di Dusun Jenisari, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, kemarin (28) (SHULHAN HADI/RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Usaha pembesaran lele selama Ramadan ini mengalami penurunan. Tidak seperti lele konsumsi yang mengalami peningkatan, permintaan benih lele nyaris tidak ada.

Salah satu pembudidaya benih lele, Mukit, 35, asal Dusun Jenisari, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng mengatakan selama Ramadan tidak menambah persediaan bibit. Dia hanya bertahan dengan menyiapkan benih yang sudah ada. Itu karena permintaan dari petani nyaris kosong. “Benih kalau puasa sepi sekali,” jelasnya.

Untuk menyiasati kondisi seperti ini, ia bergabung dengan para peternak lele konsumsi. Saat ini, mereka mengalami peningkatan permintaan yang cukup tinggi. Diperkirakan, di setiap pemilik kolam pembesaran ada peningkatan mencapai 75 persen. “Sangat tinggi peningkatannya, banyak dibuat olahan,” jelasnya.

Baca juga: Dituding BPD Tidak Maksimal Terapkan PPKM, Askab Klaim Sesuai Aturan

Untuk harga lele konsumsi, terang dia, masih tergolong normal. Pembelian dalam jumlah besar di kolam pembesaran, harga rata-rata mencapai Rp. 15 ribu per kilogramnya. Biasanya, setelah sampai di konsumen terakhir, harga ini akan mengalami penambahan sekitar Rp. 2000. “Harga di eceran biasanya antara Rp. 17 ribu per kilogram hingga Rp. 18  ribu per kilogram,” jelasnya.

Harga itu, masih kata dia, diperkirakan akan terus stabil, atau bahkan bisa naik. Ini karena konsumsi lele sudah memiliki pasar tersendiri, mulai dari warung makan, hingga konsumen yang sejak awal memang fanatik lele. Saat Lebaran tiba, ketika banyak acara digelar juga mempengaruhi permintaan lele. “Kemungkinan naik jelas ada, semoga saja harga stabil,” katanya.(sli/abi)

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news