Kamis, 06 May 2021
radarbanyuwangi
Home > Banyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Mangkrak Puluhan Tahun, Wisata Kalongan Dihidupkan Lagi

01 Mei 2021, 13: 50: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

KERUK PASIR: Warga Desa Pesucen beramai-ramai membersihkan endapan pasir objek wisata Kalongan, Desa Pesucen, Kelipuro.

KERUK PASIR: Warga Desa Pesucen beramai-ramai membersihkan endapan pasir objek wisata Kalongan, Desa Pesucen, Kelipuro. (FREDY RIZKI/RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Objek wisata Kalongan di Desa Pesucen sempat ramai di era tahun 90-an. Kemarin (27/4) Pemerintah Desa Pesucen tengah menyiapkan program untuk bisa membangun dan menghidupkan kembali objek wisata tersebut.

Kades Pesucen Maksum mengatakan, program untuk menghidupkan kembali objek wisata itu sudah dilaksanakan sejak Desember tahun lalu. Warga dari 22 RT setiap akhir pekan kerja bakti membersihkan kawasan tersebut. Hasilnya, kedalaman kawasan embung mulai terlihat normal.

Embung dengan lebar 35 meter dan panjang 100 meter itu memiliki kedalaman 12 meter. Kini setelah warga melakukan kerja bakti sejak Desember lalu, sudah terjadi penambahan kedalaman sampai hampir satu meter. ”Pasir dan endapanya sudah dinaikan. Alhamdulillah warga mau ikut turun tangan,” kata Maksum.

Baca juga: MTsN 10 Banyuwangi Bagikan 1.000 Takjil

Maksum menargetkan perbaikan tempat wisata Kalongan bisa tuntas sebelum Hari Raya Idul Fitri nanti. ”Dulunya objek wisata Kalongan ada di bawah LKMD. Sekarang dikelola BUMDes. Yang terpenting masyarakat antusias untuk menghidupkan lagi tempat wisata Kalongan,” pungkasnya. (fre/aif/c1)

(bw/fre/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news