Kamis, 06 May 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Pengunjung Alas Purwo Merasa Belum Aman

11 April 2021, 03: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

TERGANGGU: Kendaraan milik wisatawan menuju TN Alas Purwo harus merambat saat melintasi lokasi robohnya belasan tiang listrik di TN Alas Purwo, Desa Kalipahit, Kecamatan Tegaldlimo, kemarin (4/8).

TERGANGGU: Kendaraan milik wisatawan menuju TN Alas Purwo harus merambat saat melintasi lokasi robohnya belasan tiang listrik di TN Alas Purwo, Desa Kalipahit, Kecamatan Tegaldlimo, kemarin (4/8). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Meski belasan tiang listrik yang roboh di tengah hutan kawasan Resort Rowobendo, Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Desa Kalipahit, Kecamatan Tagaldlimo sudah diperbaiki, tapi para pengunjung yang ingin berlibur di sejumlah lokasi wisata di hutan lindung itu masih was-was dan merasa belum aman, kemarin (8/4).

Apalagi, saat ini hujan yang disertai angin kencang masih terus terjadi. Selain takut terjebak, para wisatawan takut tertimpa pohon atau tiang listrik saat melintas di jalan raya tengah hutan tersebut. “Rasanya was-was bila melintas di tempat itu,” terang salah satu pengunjung TN Alas Purwo, Ferdian Salim, 45, asal Kabupaten Gresik.

Ferdian mengaku, tidak tahu persis saat 18 tiang listrik di tengah hutan jati itu roboh karena ada pohon jati berukuran besar yang tumbang. Tapi, ia membayangkan kalau mengenai warga bisa berbahaya. “Kami takut juga,” ujarnya.

Baca juga: Dua Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Petugas TN Alas Purwo, harap dia, bisa mengantisipasi bencana alam itu. Salah satunya dengan menutup sementara lokasi wisata itu bila turun hujan deras disertai angin kencang. “Harus tahu cuaca dulu sebelum masuk atau keluar dari TN Alas Purwo,” katanya.

Sopir wisata TN Alas Purwo, Dian Anjeng, 25, mengatakan bila kondisi hujan dan angin kencang, para sopir troper wisata selalu berkoordinasi dengan pihak TN Alas Purwo, karena khawatir banyak pohon tumbang. Jika cuaca sudah bersahabat, semua kembali melanjutkan perjalanan menuju TN Alas Purwo. “Kami selalu berkoordinasi dengan petugas maupun sopir troper lainnya, ini untuk keselamatan pengunjung,” terangnya.

Belasan tiang listrik yang roboh di tengah hutan jati TN Alas Purwo, membuat pengunjung was-was. Para pengunjung diharapkan selalu waspada dan berhati-hati saat berkunjung ke hutan yang dikenal wingit tersebut. “Jika cuaca buruk, para sopir troper maupun pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, harus minggir dan tidak boleh masuk ke Alas Purwo karena banyak pohon yang rawan tumbang,” pungkasnya.(kri/abi)

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news