Minggu, 11 Apr 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Perahu Bantuan KKP Hanya Alih Penerima

08 April 2021, 06: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

DIJUAL?: Perahu bantuan KKP RI diparkir di Pelabuhan Muncar, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar.

DIJUAL?: Perahu bantuan KKP RI diparkir di Pelabuhan Muncar, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar. (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Share this          

RadarBanyuwangi.id –  Kabar ada perahu bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI pada nelayan Muncar telah dijual, ternyata mendapat perhatian serius dari Dinas Perikanan Banyuwangi. Mereka membantah perahu bantuan pemerintah pusat itu telah dijual oleh penerimanya. 

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Banyuwangi Suryono Bintang Samudra mengatakan tidak ada praktik jual beli perahu bantuan KKP RI dan Pemkab Banyuwangi. Ia menyebut pemberian bantuan sudah melalui prosedur dan survei secara langsung. “Saya menyakini tidak ada praktik jual beli perahu bantuan tersebut,” ujarnya.

Suryono menyebut perahu itu diberikan KKP RI kepada kelompok koperasi nelayan di wilayah Pantai Rajegwesi, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Karena spesifikasi perahu itu tidak sesuai dengan kegunaanya, maka dioper kepada nelayan di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar. “Saya belum mengetahui isi perjanjian yang disepakati KKP RI dan kelompok koperasi nelayan binaannya itu,” katanya.

Suryono Bintang Samudra, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Banyuwangi.

Suryono Bintang Samudra, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Banyuwangi. (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Baca juga: Oling River Jadi Wisata Kuliner Khas Banyuwangi

Karena tidak sesuai spesifikasi, jelas dia, perahu bantuan KKP RI itu dialihkan kepada nelayan yang ada di Kecamatan Muncar agar lebih bermanfaat. Ia mengaku belum mendapat laporan terkait perahu bantuan yang diperjualbelikan di Pelabuhan Ikan Muncar. “Jika perahu itu tidak produktif, alangkah baiknya dialihkan agar lebih berguna dan bermanfaat, dari pada perahu itu rusak karena tidak dipakai sesuai fungsinya,” cetusnya.

Seperti yang pernah diberitakan harian ini sebelumnya, sebanyak tiga unit perahu bantuan dari Kementerian  Kelautan Perikanan (KKP) RI dan 10 unit perahu dari Pemkab Banyuwangi, diduga dijual oleh penerima bantuan di Pelabuhan Ikan Muncar. Satu unit perahu bantuan dari pemerintah itu, telah dijual dengan harga Rp 12,5 juta.

Salah satu nelayan, H. Kasim, 55, asal Dusun Sampangan, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar mengatakan, bantuan perahu itu tidak tepat sasaran. Sehingga oleh penerima bantuan tidak dimanfaatkan dengan baik. Bahkan malah dijual kepada nelayan lainya. “Penerima bantuan itu termasuk orang mampu yang sudah punya perahu. Jadi setelah menerima bantuan, perahunya itu dijual lagi,” ujarnya.

Dari tiga unit perahu bantuan dari KKP RI, terang dia, sudah terjual satu unit. Sedangkan dua unit perahu lainnya, masih ditawarkan kepada nelayan. Selain itu, ada 10 perahu lainnya bantuan dari Pemkab Banyuwangi di tahun anggaran n 2019 itu masih belum laku terjual. “Satu unit perahu ditawarkan Rp 12 juta hingga Rp 12,5 juta,” terangnya.(kri/abi)

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news