Minggu, 11 Apr 2021
radarbanyuwangi
Home > Kesehatan
icon featured
Kesehatan

Selama Ramadan, Vaksinasi Bisa Malam Hari

07 April 2021, 18: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

ANTISIPASI DAMPAK: MUI mengusulkan proses vaksinasi bisa dilakukan pada malam hari selama bulan Ramadan.

ANTISIPASI DAMPAK: MUI mengusulkan proses vaksinasi bisa dilakukan pada malam hari selama bulan Ramadan. (FREDY RIZKI/RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id - Vaksinasi tahap dua yang menyasar puluhan ribu orang tetap berjalan selama puasa Ramadan nanti. Keputusan itu berdasar hasil kesepakatan Satgas Covid-19 dan MUI. Selama Ramadan suntik vaksin tetap dilaksanakan meski sasaran banyak yang menjalankan puasa.

Juru bicara Satgas Covid-19 Banyuwangi dr Widji Lestariono membenarkan selama Ramadan vaksinasi akan tetap berjalan. Untuk tahap dua, sasaran yang tengah dikejar adalah lansia, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Dari 77 ribu sasaran tahap dua, baru 40 persen yang sudah divaksinasi. Jumlahnya di atas 25 ribu orang. ”Kalau mengikuti data lansia dari Dispenduk, jumlahnya ada 200 ribuan. Kita prioritaskan dulu lansia dari kategori tertentu,” kata Rio, sapaan karib Widji Lestariono.

Baca juga: Meski Hasilnya Negatif, Tetap Harus Jalani Isolasi Mandiri

Untuk memudahkan vaksinasi bagi lansia dan difabel, Dinas Kesehatan menerapkan layanan jemput bola bagi yang kesulitan datang ke faskes. Hal ini merupakan inovasi pemerintah untuk mempermudah sasaran mendapatkan vaksin.

”Vaksinasi bisa terus berjalan, tinggal waktunya. Kemungkinan bisa dilakukan malam hari, mempertimbangkan kondisi petugas kita,” jelasnya.

Ketua MUI Banyuwangi KH Moh. Yamin menyebutkan, sesuai arahan MUI Pusat, vaksinasi tidak membatalkan puasa. Ada kemungkinan vaksinasi dilaksanakan pada malam hari agar tidak mengganggu ibadah puasa bagi para petugas kesehatan. ”Diperbolehkan siang hari. Agar tidak mengganggu puasa, kalau bisa digelar pada malam hari. Kita mencari jalan keluar bersama agar semua nyaman,” tegasnya. 

(bw/fre/aif/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news