Minggu, 11 Apr 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Tangkapan Benur di Laut Selatan Sepi

07 April 2021, 00: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

PARKIR: Keramba untuk menangkap benur milik nelayan dikumpulkan di  Pantai Mustika, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran karena tangkapan sepi, kemarin (5/4).

PARKIR: Keramba untuk menangkap benur milik nelayan dikumpulkan di Pantai Mustika, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran karena tangkapan sepi, kemarin (5/4). (SHULHAN HADI/RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Daerah di perairan Laut Selatan Banyuwangi, dikenal sebagai habitat lobster. Para nelayan banyak yang mengkap untuk konsumsi. Selain itu, benihnya atau benur juga banyak yang dibudidaya.

Effendi, 33, salah satu nelayan asal Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran mengatakan saat ini para nelayan pencari benur harus bersabar. Hasil tangkapannya merosot. “Sekarang sepi, hanya puluhan ekor saja dapatnya,” terangnya.

Menurut Effendi, para nelayan sekali melakukan penangkapan mengeluarkan biaya antara Rp. 200 ribu hingga Rp. 250 ribu. Sedang harga benur, sekarang ini hanya Rp. 7000 per ekor. Agar untung, sekali melaut harus mendapat tangkapan di atas 100 ekor.  “Kalau dapat kurang dari 100 ekor, bisa rugi,” cetusnya.

Baca juga: Pagar Makan Tanaman, Curi Jeruk di Kebun Milik Juragan

Koordinator Instalasi Pelabuhan Perikanan Pantai (IP3) Pancer, Heru Prasetyo menjelaskan, sejak setahun ini para pencari benur sudah memanfaatkan keramba. Cara ini dianggap lebih efisien. Sebagai perbandingan dengan perahu, dengan pengeluaran biaya yang sama, keramba bisa memasang serabut kelapa lebih banyak. “Kalau pakai perahu cuma empat jaring, kalau keramba delapan jaring,” terangnya.

Penangakapan benur, memang tidak bisa ditebak. Jika sedang tidak beruntung, mereka sama sekali tidak memperoleh tangkapan. Tapi kalau sedang mujur, sekali beroperasi bisa mendapatkan hingga ribuan ekor. “Kalau tepat rejeki, ya dapatnya bisa 1000 ekor,” terangnya.

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news