Minggu, 11 Apr 2021
radarbanyuwangi
Home > Events
icon featured
Events
Banyuwangi Culture Every Week

Minggu Kelima Digelar Semakin Atraktif

06 April 2021, 13: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

GEMULAI: Siswi SMAN 1 Glagah menyuguhkan tari Kembang Menur pada Sabtu (3/4).

GEMULAI: Siswi SMAN 1 Glagah menyuguhkan tari Kembang Menur pada Sabtu (3/4). (Sidrotul Muntoha/RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Banyuwangi Culture Every Week (BCE) episode kelima di Kecamatan Glagah berlangsung semarak dan meriah. Kali ini, duta seni pelajar di Kecamatan Glagah tak sekadar menampilkan seni tari, melainkan juga menyajikan berbagai kesenian, mulai dari pencak silat hingga drama musikal.

Duta seni pelajar SMAN 1 Glagah tampil membawakan tari jejer Kembang Menur sebagai pembuka acara BCE pada Sabtu (3/4). Acara yang dipusatkan di Aula SMAN 1 Glagah ini seolah menjadi ajang promosi bagi SMAN 1 Glagah untuk menunjukkan potensi dan prestasinya.

Betapa tidak, penampilan duta seni pelajar SMAN 1 Glagah cukup mendominasi, mulai dari pembukaan sampai acara ditutup. Selain penampilan tari jejer Kembang Menur,  penonton juga dihibur dengan penampilan Bertha Getzi Putri Kurniawan, salah satu siswa SMAN 1 Glagah, yang unjuk kebolehan dalam olah vokal lewat lagu Semebyar.

HADRAH: Tari Kundaran Cilik persembahan Korwil Glagah.

HADRAH: Tari Kundaran Cilik persembahan Korwil Glagah. (Sidrotul Muntoha/RaBa)

Baca juga: Minggu Ini APBD Sudah Bisa Direalisasikan

BCE makin meriah dengan disuguhkannya tari Jaran Goyang yang menceritakan ajian jaran goyang. Tarian diawali oleh penari wanita lalu disusul dengan datangnya penari laki-laki. Si penari laki-laki yang sedang jatuh cinta ditolak oleh si perempuan meski telah berulang kali mencoba mendekatinya.

Karena cintanya ditolak sang laki-laki kemudian menunjukkan adegan menggunakan ajian jaran goyang dengan menabur bunga pada tubuh perempuan. Akhir cerita, si perempuan berbalik tergila-gila pada laki-laki. Mereka pun menari bersama. Penampilan dua sejoli pelajar SMAN 1 Glagah ini tampak cukup romantis.

Gelaran BCE dapat disaksikan offline dan online lewat channel YouTube. Angel, salah satu siswi SMAN 1 Glagah juga mencoba menampilkan story telling yang berjudul Banyuwangi at a Glance.

Yang menarik, panggung BCE episode Kecamatan Glagah ini juga dimeriahkan dengan penampilan pencak silat dan pencak sumping yang merupakan salah satu kesenian khas dari Kecamatan Glagah. Selain itu, BCE kali ini juga dimeriahkan dengan drama musikal berjudul Podo Demene yang dibawakan duta seni SMAN 1 Glagah.

Atraksi seni tari dari Koordinator Wilayah Kerja Satuan Pendidikan (Korwilkersatdik) Kecamatan Glagah tak ketinggalan menghibur lewat penampilan tari Kundaran Cilik, tari Sapu Kerek, tari Klitik Emas, dan tari Jaranan Buto. Acara ditutup dengan penampilan tari Umbul-Umbul Blambangan oleh siswa dan siswi SMPN 1 Glagah. 

(bw/ddy/ics/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news