Minggu, 11 Apr 2021
radarbanyuwangi
Home > Situbondo
icon featured
Situbondo

Minggu Ini APBD Sudah Bisa Direalisasikan

06 April 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Tidak butuh waktu lama bagi eksekutif dan legislatif dalam menindaklanjuti evaluasi gubernur terhadap APBD 2021. Sebab, tindak lanjut terhadap evaluasi tersebut, saat ini sudah ditandatangani bupati dan ketua DPRD.

Ketua DPRD Situbondo, Edy Wahyudi mengatakan, setelah dokumen APBD ditandatangani, selanjutnya disampaikan kembali ke provinsi. “Sudah ditandatangani semua, tinggal minta noreg (nomor registrasi) perda. Insya Allah, realisasi APBD minggu ini,” jelasnya.

Edy mengaku, tindak lanjut terhadap evaluasi gubernur oleh eksekutif dan legislatif hanya membutuhkan waktu sehari.  Yaitu dilakukan pembahasan pada Jum’at (02/04) lalu. “Tinggal menyesuaikan saja, karena itu perintah undang-undang,” imbuhnya.

Baca juga: Masih Banyak Masyarakat Abai Prokes di Tempat Publik

Terpisah, Kepala Badan Pengelolan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Hariyadi Tedjo Laksono membenarkan kalah pembahasan terhadap evaluasi gubernur sudah tuntas. Hari ini (05/04) sudah dapat noreg perda dari Pemprov Jatim. “Besok (hari ini) saya berangkat ke Surabaya, sehingga sudah dapat noreg, dan APBD langsung diperdakan,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, minggu ini sudah pelaksanaan APBD. Sebab, setelah ada nomor perda, langsung diterbitkan peraturan bupati (perbup) penjabaran APBD sebagai dasar pelaksanaan APBD. Penerbitan perbup berdasarkan perda.

“Senin (hari ini) dapat nomor perda, dan Hari Selasa sudah ada nomor perbup penjabaran. Kemudian Hari Rabu dibuat anggaran kas dan DPA (dokumen pelaksanaan anggaran). Setelah itu sudah bisa cair,” terang Hariyadi.

Pencairan keuangan ke OPD-OPD tergantung kecepatan dinas membuat anggaran kas dan DPA. Jika DPA sudah diselesaikan, maka anggaran kegiatan segera dicairkan. “Program di OPD sudah bisa dilaksanakan,” pungkasnya.

(bw/bib/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news