Minggu, 11 Apr 2021
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi
BLK Banyuwangi

Menaker RI Kagum Produk Olahan Peserta Pelatihan

06 April 2021, 02: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

MENINJAU: Menaker RI Ida Fauziyah (kanan) bersama anggota Komisi X DPR RI Sy Anas Thahir (dua dari kanan) dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (dua dari kiri) didampingi  Kepala BLK Banyuwangi Rusman (kiri) saat meninjau gedung kejuruan otomotif di BLK

MENINJAU: Menaker RI Ida Fauziyah (kanan) bersama anggota Komisi X DPR RI Sy Anas Thahir (dua dari kanan) dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (dua dari kiri) didampingi Kepala BLK Banyuwangi Rusman (kiri) saat meninjau gedung kejuruan otomotif di BLK (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziah berkunjung ke Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Balai Latihan Kerja (BLK) Banyuwangi, yang berlokasi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi pada Jumat (2/4). Dalam kunjungannya itu, sempat dialog dengan steakholder dunia usaha, meresmikan musala, kios 3in1, gedung kejuruan pariwisata, dan mencicipi olahan produk dari peserta pelatihan.

Saat berdialog dengan pengelola BLK Banyuwangi dan para steakholder, Menaker Ida Fauziah mengaku kagum dengan produk olahan minuman dan makanan para peserta pelatihan BLK Banyuwangi dengan bahan dasar buah naga. Beberapa produk olahan yang dicicipi itu es cream buah naga, susu jeli buah naga, dan roti cokelat aroma kopi. “Semua produk olahan itu sangat enak, bahan bakunya mudah didapat dan melimpah di Banyuwangi, ini luar biasa,” puji Menaker Ida Fauziah.

Menaker Ida Fauziah meminta BLK terbuka dan wajib memenuhi kebutuhan permintaan industri dunia kerja. Peserta pelatihan BLK, tidak hanya disiapkan masuk ke pasar kerja saja, tetapi harus mampu menjadi pelaku usaha. “Seluruh peserta pelatihan BLK diharapkan mampu berkompetensi di dunia kerja, tidak ada yang namanya produk gagal lulusan BLK,” cetusnya.

BERSELERA: Menaker RI Ida Fauziah (kiri) didampingi Kepala BLK Banyuwangi Rusman (dua dari kiri) dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh melihat cara pembuatan roti cokelat beraroma kopi.

BERSELERA: Menaker RI Ida Fauziah (kiri) didampingi Kepala BLK Banyuwangi Rusman (dua dari kiri) dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh melihat cara pembuatan roti cokelat beraroma kopi. (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Baca juga: Sediakan Aneka Kebutuhan Rumah Tangga dan Elektronik

BLK terus bertransformasi untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja dan industri. Menaker menyatakan akan menyiapkan kejuruan baru di BLK Banyuwangi yang sesuai dengan kebutuhan berbasis maritim. “Banyuwangi memiliki banyak potensi, terutama di bidang pariwisata dan industri maritim. Bermodalkan itu, BLK Banyuwangi sangat cocok dibuat kejuruan berbasis maritim,” terangnya.

Kepala BLK Banyuwangi, Rusman mengatakan BLK menjamin para peserta pelatihan dapat bersaing di dunia kerja. Sebab, mereka sudah dilatih sebagai sumber daya manusia (SDM) yang unggul. “Usai mendapatkan pelatihan di BLK, para peserta pelatihan dapat membuka usaha sendiri, dan mereka juga akan merekrut pekerja dan membangun lapangan kerja baru,” katanya.

Menurut Rusman, para peserta yang mengikuti pelatihan berbasis kompetensi ini, kebanyakan dari Kabupaten Banyuwangi. Selama mengikuti pelatihan, tidak pernah dipungut biaya sepeserpun. “Para peserta mengikuti pelatihan ini gratis dan mendapatkan sertifikat,” cetusnya.

Setiap harinya, jelas dia, BLK membuka pendaftaran peserta pelatihan. Di BLK Banyuwangi yang berlokasi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar ini ada enam kejuruan yang dapat dipilih, yakni Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Pariwisata, Otomotif, Garmen Apparel, Processing, dan Welding.

Untuk pendaftaran tidak dipungut biaya apapun. Hanya saja, jelas dia, peserta pelatihan wajib memenuhi beberapa persyaratan, yaitu foto copy KTP, ijazah terakhir, pas photo dengan latar warna merah, sehat jasmani dan rohani, dan lulus seleksi. Pendaftaran itu bisa dilakukan dengan datang langsung ke BLK Banyuwangi yang berada di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar atau melalui website http://www.blkbanyuwangi.kemnaker.go.id.

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news