Minggu, 11 Apr 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng
Menaker Hadiri BLK Komunitas Darussalam

Menaker Hadiri BLK Komunitas Darussalam

05 April 2021, 10: 26: 54 WIB | editor : Ali Sodiqin

M ARIF FOR JPRG

KAGUM: Menaker RI Ida Fauziyah (kiri) bersama Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Hj. Nihayatul Wafiroh melihat peserta pelatihan BLK Komunitas di Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, kemarin (2/4). (M ARIF FOR JPRG)

Share this          

TEGALSARI, Jawa Pos Radar Genteng – Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Ida Fauziyah menghadiri Haflatut Tasyakur, Khotmil Quran bi Nadzri ke-15 bil Hifdzi 15 juz di Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, kemarin (2/4). Dalam acara itu, juga meninjau Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Darussalam yang ada di pesantren itu.

Menaker Ida Fauziyah tiba di kompleks Pondok Pesantren Darussalam Blokagung sekitar pukul 10.00, dan disambut Pengasuh Putri Darussalam, Nyai Hj. Handariyatul Masruroh Syafaat, dan dewan pengasuh putri lainnya. Selanjutnya, dipertemukan dengan ribuan santri putri di pondok pesantren terbesar di Kabupaten Banyuwangi itu. “Para santri putri perlu tahu, ibu menteri ini santri,” cetus Nyai Hj. Handariyatul Masruroh Syafaat pada para santrinya.

Nyai Masruroh menyampaikan Menaker Ida Fauziyah ini seorang menteri yang lulusan dari Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambaberas, Jombang. “Ini perlu saya iming-imingkan kepada santri, santri itu bisa menjadi menteri,” ungkapnya disambuk tepuk tangan meriah para santri.

Selama dua tahun ini, terang dia, BLK Komunitas Darussalam di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, sudah menggelar pelatihan sebanyak 15 angkatan dengan jumlah lulusan mencapai  240 peserta. Saat ini santri tidak hanya mengaji atau sekolah formal saja, tapi juga mendapat pelatihan-pelatihan kemampuan praktis. Sehingga, bila nanti pulang dan terjun di masyarakat bisa tepat guna. “Apapun yang menjadi kebutuhan masyarakat, Pondok Pesantren Darussalam bisa melayani, karena santri bisa apa-apa,” terangnya.

Menaker RI Ida Fauziyah mengaku bangga berada di tengah santri. Menurutnya, sejak dulu peran pesantren dalam mencerdaskan anak bangsa sudah diakui. “Saya bangga berada di pondok pesantren yang sejak tahun 1951 sudah membantu tugas pemerintah, membantu negara mencerdaskan anak bangsa,” jelasnya.

Sebagai apresiasi peran pesantren dalam membangun dan mencerdaskan anak bangsa, saat ini pemerintah melalui UU Pesantren sudah memberikan dukungan yang lebih maksimal kepada pesantren. Selain Kementerian Agama RI, Kementerian Tenaga Kerja juga ikut bertanggung jawab dalam tugas ini. “Kemenaker mau tidak mau juga ikut bertanggungjawab mencerdaskan anak pesanten dengan cara membangun BLK,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziyah sempat dialog dengan santri yang sudah mengikuti pelatihan. Selain itu, juga meninjau proses pelatihan di laboratorium BLK Komunitas Darussalam.(sli/abi)

M ARIF FOR JPRG
M ARIF FOR JPRG

SELAMAT DATANG: Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, KH. Ahmad Hisyam Syafaat (kiri) bersama Wakil Ketua Komisi IX DPR RI NIhayatul Wafiroh (kanan) menyambut Menaker RI Ida Fauziyah di depan Ndalem kasepuhan, kemarin (2/4). (M ARIF FOR JPRGM ARIF FOR JPRG)

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news