Minggu, 11 Apr 2021
radarbanyuwangi
Home > Events
icon featured
Events

Seruput Kopi sambil Baca Koran

04 April 2021, 13: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BANGKITKAN LITERASI BARU: Pelajar SMP Islam Terpadu Al Uswah asyik membaca koran sembari menikmati kopi pagi di halaman kantor Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin.

BANGKITKAN LITERASI BARU: Pelajar SMP Islam Terpadu Al Uswah asyik membaca koran sembari menikmati kopi pagi di halaman kantor Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin. (RAMADA KUSUMA/RaBa)

Share this          

RadarBanyuwangi.id – Program baru diluncurkan Jawa Pos Radar Banyuwangi (JP-RaBa). ”Beli koran dapat kopi atau beli kopi dapat koran”. Program baru ini digeber di halaman kantor Jawa Pos Radar Banyuwangi setiap Jumat dan Sabtu.

Kali pertama yang merespons program ini adalah pelajar SMP Islam Terpadu (IT) Al Uswah Banyuwangi. Kemarin (2/4) perwakilan pelajar, guru, dan kepala sekolah SMPIT Al Uswah begitu menikmati sejuknya pagi dan nikmatnya kopi.

Rombongan berjumlah 25 orang itu datang pukul 06.30. Sebelum masuk ke halaman, mereka diperiksa suhu tubuh dan diminta menggunakan hand sanitizer. Mereka juga wajib mengenakan masker. ”Selama pelaksanaan acara kita tetap mematuhi standar protokol kesehatan, termasuk acara kami gelar di halaman atau tempat terbuka,” ungkap Manajer Event Jawa Pos Radar Banyuwangi Gerda Sukarno.

Baca juga: Ombudsman Minta Pemkab Proaktif Selesaikan Kasus PBS

Kursi tempat acara tetap dibuat renggang untuk menjaga jarak aman. Sembari menikmati secangkir kopi, pelajar dan guru SMPIT Al Uswah juga menikmati kopi. ”Kopinya enak, baca koran belum selesai kopi sudah habis dua gelas,” ujar Kepala SMPIT Al Uswah Banyuwangi Area Sabath Zafatah yang didampingi Kepala SDIT Al Uswah 2 M. Sugiyanto.

Menurut Sabath, program yang digagas Jawa Pos Radar Banyuwangi ini sangat cerdas. Selain menginspirasi dengan secangkir kopi, warga bisa menikmati informasi lewat berita yang disuguhkan oleh JP-RaBa. Cara ini dinilai sebagai upaya membangkitkan dunia literasi baru kepada pelajar dan warga.

”Ini bisa menjadi tren baru kekinian. Kalau saya boleh usul, ada mini kafe gerai kopi. Setiap orang yang mampir menikmati kopi, tetap mendapatkan bonus koran sebagai informasi,” kata Ustad Sabath.

Tidak hanya sekadar ngopi dan baca koran, rombongan SMPIT Al Uswah Banyuwangi ini juga berkesempatan bincang santai di podcast Jawa Pos Radar Banyuwangi. Tiga pelajar, Afif, Asfa, dan Akbar ujuk kebolehan murojaah membacakan ayat suci Alquran surat Al Mulk.

Dalam kesempatan siaran di podcast, ketiga pelajar lainnya Fatimah Az Zahra, Rasikani, dan Athsal unjuk kebolehan dalam sambung ayat publik. Mereka diminta meneruskan bacaan ayat Alquran yang dibacakan sebelumnya oleh penguji. ”Alhamdulillah lancar semua,” ujar Fatimah, salah seorang pelajar.

Sabath menambahkan, SMPIT Al Uswah memiliki konsep keterpaduan an­tara hafalan Alquran dan pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Sekolah memiliki target hafalan anak-anak untuk setiap jenjang sekolah. ”Dalam menerapkan jam sekolah, Al Uswah menerapkan sepenuh hari (full day) dan Alhamdulillah anak-anak mampu menghafal surat-surat pendek, mi­nimal juz 30. Saat ini SMPIT Al Uswah sudah membuka pendaftaran siswa baru,” kata Sabath. 

(bw/ddy/aif/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news