Jumat, 05 Mar 2021
radarbanyuwangi
Home > Features
icon featured
Features
Pasca 10 Tahun Duet Bupati-Wabup Anas-Yusuf

Sama-Sama Berterima Kasih, Saling Lempar Apresiasi

23 Februari 2021, 16: 20: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

MOMEN PEMUNGKAS: Anas-Yusuf didampingi istri masing-masing berbincang satu meja di Villa Solong tepat di hari terakhir keduanya menjabat bupati dan wabup Rabu lalu (17/2).

MOMEN PEMUNGKAS: Anas-Yusuf didampingi istri masing-masing berbincang satu meja di Villa Solong tepat di hari terakhir keduanya menjabat bupati dan wabup Rabu lalu (17/2). (DINI FOR RABA)

Share this          

Pasangan Abdullah Azwar Anas-Yusuf Widyatmoko resmi mengakhiri tugas sebagai bupati dan wabup pada 17 Februari lalu. Duet ”Dahsyat” tersebut menandai hari terakhir masa pengabdian mereka dengan suasana akrab dan penuh kesejukan.

SIGIT HARIYADI, Kalipuro

ANGIN semilir. Gerimis turun sesaat. Membasahi ”padang” rumput di Villa Solong, Rabu sore (17/2). Suasana sejuk pun melingkupi vila yang berlokasi di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro tersebut.

Bukan hanya faktor cuaca, kesan adem itu juga tercipta dari pertemuan dua pucuk pimpinan Pemkab Banyuwangi periode 2016–2021, yakni Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko. Di Villa Solong itulah, duet Dahsyat yang notabene merupakan akronim nama Anas-Yusuf, bertemu dalam satu forum. Tepatnya forum silaturahmi antara bupati dan wakil bupati bersama jajaran Pemkab Banyuwangi.

Pertemuan yang digeber dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat itu sengaja digelar jelang Anas-Yusuf purnatugas. Tujuannya untuk mengapresiasi duet pemimpin Pemkab Banyuwangi dua periode tersebut.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mujiono mengatakan, pertemuan digelar untuk mengantarkan Anas-Yusuf purnatugas. ”Kami, para aparatur sipil negara (ASN) sangat mengapresiasi kepemimpinan beliau berdua,” ujar pria yang kini menjabat Pelaksana Harian (Plh) Bupati itu.

Sontak, momen menyejukkan terpancar saat Anas dan Yusuf duduk satu meja. Keduanya ditemani istri masing-masing, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Minuk Uliawati Yusuf Widyatmoko.

Ditemani es kelapa muda, mereka sesekali berbincang sembari mengikuti rangkaian acara. Anas-Yusuf bersama Ipuk dan Minuk pun berpose bersama sembari mengacungkan salam tiga jari, gestur khas Banyuwangi.

Di depan para ASN, kedua tokoh itu saling melempar pujian dan ucapan terima kasih. Yusuf, yang tampil terlebih dahulu memberikan sambutan, juga mengucapkan terima kasih kepada Anas yang telah memberi kepercayaan kepada dirinya untuk mendampingi memimpin Banyuwangi selama sepuluh tahun atau dua periode. ”Saya ucapkan terima kasih pada Mas Anas yang telah mempercayakan saya untuk mendampingi selama sepuluh tahun,” ujarnya.

Yusuf berpesan kepada seluruh ASN Pemkab Banyuwangi untuk selalu kompak demi Banyuwangi. ”Tanpa kekompakan seluruh staf, tidak mungkin Banyuwangi bisa seperti saat ini,” kata dia.

Sementara itu, Anas juga menyampaikan terima kasih kepada Yusuf yang telah bersama-sama membangun Banyuwangi. ”Terima kasih saya haturkan untuk Mas Yusuf yang telah bersama-sama dengan penuh dedikasi dan kerja keras membangun Banyuwangi selama ini,” ujarnya.

Anas menegaskan, kemajuan Banyuwangi selama ini bukan hanya karena peran bupati dan wakil bupati, tetapi seluruh elemen masyarakat, termasuk ASN dan tenaga harian lepas (THL) dalam menjalankan Pemkab Banyuwangi. ”Mari terus menjaga persaudaraan dan persahabatan agar daerah ini ke depan semakin baik lagi,” tuturnya.

Pertemuan Anas-Yusuf tersebut seolah menjadi titik balik ”persaingan” antara keduanya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2020. Seperti diketahui, pada pesta demokrasi itu, kubu Anas mengusung duet Ipuk-Sugirah sebagai calon bupati dan wakil bupati.

Di sisi lain, Yusuf yang sepuluh tahun mendampingi Anas sebagai cabup juga ikut ambil bagian dalam kompetisi. Kala itu, Yusuf maju sebagai cabup berpasangan dengan calon wakil bupati (cawabup) Muhammad Riza Aziziy. (*/c1)

(bw/sgt/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news