Jumat, 05 Mar 2021
radarbanyuwangi
Home > Kuliner
icon featured
Kuliner
Telur Ayam Kampung

Kandungan Nutrisi Telur Nyaris Setara

23 Februari 2021, 07: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

POPULER: Bentuk telur ayam kampung yang lebih kecil dibandingkan telur ayam ras. Meski begitu, telur ayam kampung tetap disukai masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya.

POPULER: Bentuk telur ayam kampung yang lebih kecil dibandingkan telur ayam ras. Meski begitu, telur ayam kampung tetap disukai masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya. (RAMADA KUSUMA/RaBa)

Share this          

BENTUKNYA relatif lebih kecil dibanding telur ayam ras. Warna kulitnya lebih putih dibandingkan warna kulit ayam ras yang biasanya berwarna kecokelatan. Itulah perbedaan telur ayam kampung dan ayam ras yang bisa dilihat dengan kasat mata.

Walaupun ukurannya lebih kecil, soal harga telur ayam kampung mengungguli telur ayam ras. Entah apa sebabnya, bisa jadi, ini semata-mata akibat pasokan telur ayam kampung yang relatif terbatas.

Data Dinas Pertanian dan Pangan (Disperta-Pangan) Banyuwangi, produksi telur ayam kampung tahun lalu ”hanya” sebanyak 813, 82 ton. Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan jumlah produksi telur ayam ras yang mencapai 11,9 ribu ton dalam setahun.

Selain kemungkinan tersebut, harga telur ayam relatif tinggi bisa juga disebabkan lantaran banyak orang menganggap telur ayam kampung lebih kaya kandungan nutrisi sehingga memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan telur ayam ras.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak warga yang memanfaatkan telur ayam kampung untuk campuran atau pelengkap minum jamu. Sebaliknya, telur ayam ras lebih banyak digunakan untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari.

Kecenderungan itu juga dilakukan Sugiono, warga Desa Kemiri, Kecamatan Singojuruh. Menurut dia, telur ayam ras lebih kaya manfaat dibandingkan telur ayam ras. ”Maka, untuk mengatasi capek, misalnya, saya mengonsumsi jamu plus telur ayam ras,” akunya.

Lantas, benarkah telur ayam kampung lebih kaya kandungan nutrisi dibanding telur ayam ras?

Berdasar informasi yang berhasil dihimpun wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, pada dasarnya kandungan gizi pada telur ayam kampung dan telur ayam ras tidak jauh berbeda. Dengan demikian, manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan juga tidak jauh beda dibandingkan telur ayam ras.

Penelitian yang dilakukan oleh North Carolina State University, Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa telur ayam kampung memang memiliki kandungan lemak tidak jenuh (monosaturated dan polysaturated fat) lebih tinggi dibanding telur ayam ras. Begitu pula dengan kandungan omega-3 pada telur ayam kampung lebih tinggi dibanding telur ayam ras, yakni 0,17 persen dibanding 0,14 persen.

Meski demikian, kedua jenis telur ini sama-sama mengandung kolesterol yang tidak terpaut jauh. Tepatnya 163,42 miligram (mg) per 50 gram pada telur ayam kampung dan 165,38 mg per 50 gram pada telur ayam ras. Begitu pula kandungan vitamin A dan E yang dimiliki telur ayam kampung maupun ayam ras cenderung sama saja.

Nah, meskipun memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, namun ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi telur. Telur ayam yang dikonsumsi mentah atau setengah matang mungkin saja bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan. Sebab, telur yang dikonsumsi mentah bisa saja terkontaminasi bakteri yang masuk ke dalam telur melalui pori-pori yang ada di cangkang telur tersebut. (sgt/bay/c1)

(bw/sgt/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news